Kamera selfie Zenfone 6 punya peringkat terbaik versi DxOMark

Sistem modul kamera putar Zenfone 6 memungkinkannya menggunakan sensor berukuran 1/2 inci sehingga terbilang sangat besar untuk kamera depan.

Kamera selfie Zenfone 6 punya peringkat terbaik versi DxOMark

DxOMark baru saja menerbitkan hasil analisis mendalam dari kamera depan ponsel buatan Asus Zenfone 6. Smartphone ini hadir dengan konsep kamera yang cukup unik. Ketimbang menggunakan dua modul untuk kamera depan dan belakang, Zenfone 6 dilengkapi oleh satu modul yang dapat berputar untuk melakukan fotografi selfie. Artinya, ketika kamu memotret menggunakan kamera depan, ini sama saja kamu memotret menggunakan kamera belakang.

Asus Zenfone 6 memiliki kamera belakang 48 MP dengan aperture f/1.8 serta focal length 26mm (setara dengan 35mm). Ada pula kamera sekunder beresolusi 13 MP dengan focal length 11mm (setara dengan 35mm) untuk memotret sudut pandang sangat lebar sehingga dapat mencakup semua subjek ketika memotret pemandangan.


BACA JUGA

Video bocoran Canon EOS M6 Mark II dan EOS 90D mencuat

Ransomware kini berpotensi serang kamera DSLR

Sony RX100 VII bisa potret gambar hingga 20 fps


Sistem modul kamera depan tersebut juga memungkinkannya menggunakan sensor berukuran 1/2 inci sehingga terbilang sangat besar untuk kamera depan. Hasil foto Zenfone 6 menunjukkan penanganan tekstur terbaik yang pernah DoXMark lihat untuk kamera depan, dengan detil luar biasa di semua tingkat cahaya, hingga kondisi sangat redup.

Pada waktu yang bersamaan, gangguan noise oleh kamera ini selalu terkendali dengan baik dan gambar menunjukkan hasil detil alami, dengan banyak tekstur halus tetapi tidak terlalu tajam.

Spesifikasi lain dari kamera Zenfone 6 menyertakan autofocus PDAF pada kamera utama (48 MP). Skor keseluruhan yang diberikan DxOMark untuk kamera Zenfone 6 adalah 98 poin. Dari angka tersebut merupakan penggabungan nilai dari performa foto dan video, yang mana total kinerja hasil foto adalah 101 poin sedangkan kinerja video adalah 93 poin.

Pemecahan performa memotret foto memiliki nilai tertinggi pada sajian warna dengan angka 93 poin. Dengan demikian, Zenfone 6 mampu menawarkan warna cukup akurat dan cerah sesuai dengan subjek yang dipotret. Nilai kedua terbaik dari kinerja fotografi adalah kacakapan pada penanganan gangguan noise dengan nilai 86 poin sehingga menjanjikan minim gangguan bintik-bintik tanpa mengorbankan detil gambar.

Berlanjut ke poin-poin dari hasil video, nilai tertinggi yang berhasil diraup Zenfone 6 adalah kepiawaiannya menampilkan tekstur subjek. Hal ini mengartikan bahwa smartphone tersebut mampu menyodorkan detil subjek pada hampir seluruh skenario perekaman video. Nilai terbaik selanjutnya dipegang dengan keandalan menangani warna dan gangguan artifak, yakni pada skor 83 poin.

Dengan mengantungi nilai kamera selfie sebanyak 98 poin, otomatis Zenfone 6 memegang nilai tertinggi untuk area fotografi tersebut dan bertengger langsung di atas Samsung Galaxy S10 5G. Namun mengingat kamera depan dan belakang Zenfone itu menggunakan modul yang sama, jadi nilai 98 poin menjadikannya memiliki urutan ke-18 dalam peringkat kamera belakang, sejajar dengan Google Pixel 2 dan OnePlus 6T, serta satu tingkat di atas Apple iPhone X.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: