Kamera Galaxy Note 9 terbaik kedua setelah Huawei P20 Pro

Hasil pengujian DxOMark menunjukkan Note 9 meraih skor 103 atau terpaut enam poin dengan Huawei P20 Pro

Kamera Galaxy Note 9 terbaik kedua setelah Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro tercatat sebagai smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark. Namun kini posisinya didekati oleh Samsung melalui flagship terbarunya Galaxy Note 9. Smartphone yang disertai stylus itu kini menempati posisi kedua dari daftar smartphone dengan kamera terbaik.

Hasil pengujian DxOMark menunjukkan Note 9 meraih skor 103 atau terpaut enam poin dengan P20 Pro. "Samsung Galaxy Note 9 memperoleh skor total 103 poin. Smartphone ini menawarkan kombinasi yang seimbang baik untuk gambar statis dan video, serta memberikan kualitas gambar yang sangat baik di berbagai kondisi pencahayaan," demikian tulis DxOMark dalam keterangan yang diterima Tek.id.

Kinerja foto Galaxy Note 9 meraih skor 107 poin, lebih tinggi dibanding HTC U12 Plus meski tetap dibawah P20 Pro. Skor ini didasarkan pada beberapa subtes meliputi pengujian secara detil terhadap tingkat exposure, kontras, akurasi warna, autofokus, tekstur, noise dan lainnya.

Hasil pengujian DxOMark menunjukkan kamera Note 9 mampu menampilkan gambar yang fantastis di sebagian besar kondisi pencahayaan, ketika digunakan untuk zoom, akurasi warna yang sangat baik dan bokeh yang begitu natural. Namun DxOMark juga mencatat adanya ketidakakuratan exposure, gambar yang cenderung tidak selalu terlihat tajam dan detil gambar yang hilang ketika kamera digunakan untuk menjepret gambar baik di lokasi yang terang maupun gelap.

"Dengan skor Foto total 107, Samsung Galaxy Note 9 adalah salah satu smartphone dengan performa terbaik untuk foto. Kinerja autofokus Note 9 sangat baik, dan skor kamera tinggi untuk menyeimbangkan retensi detil dan pengurangan noise, kualitas zoom dan efek bokeh yang realistis," kata DxOMark.

Soal video, DxOMark mencatat kinerjanya yang mencapai skor 94 poin. Beberapa keunggulannya mencakup peningkatan autofokus dan tracking, pencahayaan yang diperbarui dengan baik ketika dihadapkan pada objek yang berubah pencahayaannya, serta stabilisasi gambar ketika bergerak. Beberapa kekurangannya termasuk hilangnya detil, chroma dan pencahayaan dalam kondisi cahaya yang minim.

Samsung Galaxy Note 9 sendiri merupakan smartphone dengan kamera ganda beresolusi 12MP dengan bukaan ganda f/ 1.5-2.4. Kamera belakang keduanya punya resolusi yang sama, namun merupakan jenis lensa telephoto dengan bukaan f/2.4.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: