sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Senin, 15 Feb 2021 09:00 WIB

Smartphone dengan kamera depan 100 MP akan gunakan mekanisme pop-up

Cara pertama adalah menggunakan desain pop-up, karena mekanisme ini dapat dibuat lebih besar untuk menampung sensor yang besar.

Smartphone dengan kamera depan 100 MP akan gunakan mekanisme pop-up
Ilustrasi: Kampus Production via Pexels

Ponsel dengan kamera belakang beresolusi 100 MP (atau 108 MP) sudah ada selama lebih dari setahun ini. Begitu pula dengan kamera depan yang mendapatkan peningkatan, besaran resolusi tertinggi untuk kamera ini adalah 44 MP. Namun, resolusi kamera depan akan segera mengalami peningkatan lagi.

Kabarnya akan ada ponsel dengan kamera depan beresolusi 100 MP, menurut informasi dari Digital Chat Station. Sayangnya, bocoran ini tidak menyebutkan produsen ponsel mana yang akan segera membuatnya,. Namun, ada kemungkinan bahwa ponsel ini adalah pabrikan Tiongkok.

Meskipun kamera selfie beresolusi 100 MP cukup menarik, ini juga akan membuat orang penasaran terkait cara penerapannya. Dilansir dari Gizmochina (15/2), sensor 100 MP saat ini berukuran cukup besar, jadi melatakkannya di bagian depan berarti ponsel akan memiliki notch atau lubang besar. Namun, terdapat dua cara untuk melakukannya tanpa menghasilkan notch atau punch-hole.

Cara pertama adalah menggunakan desain pop-up, karena mekanisme ini dapat dibuat lebih besar untuk menampung sensor yang besar. Cara kedua adalah dengan menggunakan kamera flip bermotor seperti yang ada di Zenfone 6 dan Zenfone 7 dari Asus. Metode ini memungkinkan pengguna untuk meletakkan kamera 108 MP di bagian belakang yang juga berfungsi sebagai kamera selfie.

Mungkin ada sebagian masyarakat yang menantikan kamera depan beresolusi 100 MP. Tetapi perlu diingat bahwa selain resolusi tinggi, kualitas hasil gambar ditentukan juga oleh lensa dan prosesor. Jadi kemungkinan ponsel kamera depan 100 MP hadir juga dengan lensa dan pemrosesan yang baik.

Di sisi lain, kamera selfie 100 MP bukanlah satu-satunya yang menawarkan resolusi tinggi, ponsel dengan kamera 200 MP juga akan hadir tahun ini dengan ZTE Axon 30 Pro mungkin akan menjadi ponsel pertama di dunia dengan sensor 200 MP.

Share
×
tekid
back to top