iPhone X bakal kebagian fitur CPU Throttling

Pihak Apple berdalih, para pengguna tidak akan merasakan perbedaan berarti karena perangkat keras dan lunak di iPhone X ke atas lebih baik dari perangkat sebelumnya.

iPhone X bakal kebagian fitur CPU Throttling iPhone X (Business Insider)

Apple secara resmi telah meluncurkan pembaruan iOS 12.1 di seluruh dunia. Dalam pembaruan ini, Apple menjanjikan akan membawa beberapa perbaikan untuk masalah-masalah yang terjadi di perangkat terbaru mereka, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR.

Sayang, dalam pembaruan ini, pihak Apple tidak hanya membawa kabar baik. Melainkan, mereka juga akan membawa sebuah ‘fitur’ istimewa yang telah mereka lakukan selama beberapa tahun lalu. ‘Fitur’ tersebut adalah CPU Throttling alias ‘performance management’.

Alhasil, para pengguna iPhone X akan mulai merasakan penurunan performa dari perangkat mereka. Begitu juga dengan pengguna iPhone 8, yang satu generasi lebih tua dari perangkat edisi spesial tersebut.

Memang, tujuan dari perusahaan teknologi asal Amerika tersebut baik. Mereka ingin menjaga pengguna mereka dari bahaya yang diakibatkan baterai lithium yang sudah berumur. Selain itu, mereka juga ingin menjaga agar perangkat lawas bisa bekerja lebih lama.

Tapi seperti lapor Phone Arena (1/11), Apple berdalih jika para pengguna dari kedua perangkat tersebut tidak akan merasakan penurunan performa yang berarti ketika mereka mengunduh pembaruan tersebut.

“iPhone 8 dan seterusnya memiliki desain perangkat keras dan perangkat lunak yang lebih canggih. Para pengguna tidak akan merasakan perubahan drastis akibat hadirnya fitur ‘performance management’ di perangkat mereka,” kata perwakilan Apple.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada bukti konkrit yang membuktikan pernyataan tersebut. Pihak Apple pun hingga saat ini belum memberikan bukti kepada pengguna atas klaim mereka.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: