sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
Sabtu, 23 Mei 2020 06:56 WIB

iPhone SE, smartphone yang paling dicari selama pandemi

Data dari iPrice Group mengungkapkan smartphone dengan pencarian kata kunci terendah dan tertinggi yang diterima iPhone SE.

iPhone SE, smartphone yang paling dicari selama pandemi
Source: MacRumors

Pandemi serta kebijakan lockdown tidak menyurutkan niat orang-orang untuk menelusur smartphone terbaru. Meskipun industri ponsel cukup terganggu dengan dampak dari virus corona (Covid-19), tetapi mereka tetap tangguh dan meluncurkan produk terbarunya.

Berdasarkan temuan terbaru oleh operator laman web meta-search Asia Tenggara iPrice Group, iPhone SE merupakan smartphone yang paling banyak dicari selama masa pandemi dan Huawei Nova 7 yang paling rendah. Temuan ini iPrice dapatkan dari data Google Keyword Planner.

Smartphone dengan minat pencarian terendah

Ketika sebagian dunia menerapkan lockdown lokal maupun nasional, beberapa penyedia smartphone menganggap ini sebagai peluang untuk meluncurkan produk mereka. Secara alami, ada yang menang dan kalah. iPrice telah mengumpulkan data perilaku masyarakat dalam melakukan pencarian berdasarkan suatu kata kunci dari Google Keyword Planner. Data tersebut dihimpun dari Maret hingga April di tujuh wilayah negara.

Data menunjukkan, minat pada pencarian smartphone Huawei Nova 7 mengalami penurunan mencapai 45% dibandingkan model Nova sebelumnya. Di sisi lain, Honor 30 dan Oppo Reno Ace 2 juga mengalami penurunan minat penelusuran yang masing-masing sebesar 80% dan 93%.

Smartphone dengan minat pencarian tertinggi

Di samping itu, vendor smartphone yang menang dalam pencarian selama pandemi yakni iPhone SE. Smartphone kelas menengah yang terjangkau dari Apple mengalami peningkatan pencarian di beberapa wilayah.

Bahkan menurut data, minat pencarian untuk kata kunci iPhone SE mengalami lonjakan hingga 206%. Angka ini tiga kali lebih tinggi dari iPhone 11 ketika pertama kali dirilis pada September 2019.

"Salah satu dari banyak faktor yang menyebabkan jumlah permintaan untuk iPhone SE lebih tinggi adalah golongan harga menengah yang dimulai dari USD399 (Rp5,9 jutaan)," jelas iPrice yang dilansir dari Mashable (23/5), “Ponsel ini juga menyediakan masa pakai yang lebih lama karena Anda akan terus mendapatkan pembaruan keamanan penting dan fitur baru melalui pembaruan versi iOS

Posisi kedua ditempati oleh OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro, yang mendominasi pencarian di negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Hong Kong. Dilanjut Xiaomi Mi 10 pada posisi ketiga dengan memegang 7% peningkatakan pencarian.

Share
×
tekid
back to top