sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Kamis, 22 Feb 2024 14:08 WIB

iPhone jadi smartphone terlaris global pada akhir 2023

Dalam sebuah data yang diungkap Counterpoint, 7 dari 10 perangkat terlaris pada Desember 2023 dikuasai oleh perangkat Apple.

iPhone jadi smartphone terlaris global pada akhir 2023

Jika kita berbicara soal smartphone, saat ini ada dua pihak yang saling berebut pangsa pasar global, yakni Apple dan Android. Pasti kalian bertanya, kenapa kami tidak membandingkan Apple dengan Samsung atau vendor smartphone lainnya? Jawabannya adalah karena Apple telah mendominasi penjualan smartphone global pada akhir 2023.

Hal ini merujuk ke data baru yang dikeluarkan oleh Counterpoint. Mereka merilis 10 smartphone yang paling laku pada bulan Desember 2023. Dan spoiler alert, yang mendominasi 70 persen daftar ini adalah perangkat milik Apple.

Seperti dapat kalian lihat dari gambar di atas, 7 dari 10 perangkat yang paling banyak terjual secara global pada Desember 2023 adalah perangkat Apple. iPhone 14 menjadi perangkat yang paling banyak dicari, dengan iPhone 14 Pro Max di posisi kedua dan iPhone 14 Pro di posisi ketiga.

Yang menarik, di posisi keempat terdapat iPhone 13, dimana merupakan smartphone yang diluncurkan dua tahun lalu. Sedangkan iPhone 15 menjadi smartphone ketujuh yang paling banyak dicari, yang merupakan smartphone Apple yang paling sedikit dicari pada saat itu.

Sedangkan Samsung menjadi satu-satunya vendor dengan sistem operasi Android di daftar kali ini. Yang mengejutkan, perangkat yang dicari bukan perangkat flagship mereka, melainkan smartphone entry level mereka.

Ya, yang dicari adalah Galaxy A14 5G, Galaxy A04e, dan Galaxy A14 4G. Ketiga smartphone ini merupakan smartphone yang memiliki harga yang terjangkau. Nampaknya, di akhir tahun, pengguna lebih banyak mencari smartphone Android yang terjangkau.

Sebagai informasi, 10 smartphone teratas sepanjang tahun 2023 berhasil menguasai pangsa pasar gabungan sebesar 20 persen, meningkat dari 19 persen pada tahun 2022. Selain itu, iPhone 14 berhasil menjadi smartphone terlaris tahun 2023 dan meraih 19% dari total penjualan iPhone tahun lalu. 

Namun, Apple mengalami stagnan pada tahun 2023, yang mungkin bukan hal yang baik. Namun jika melihat persaingannya, hampir semua pabrikan Android mengalami penurunan penjualan. Sedangkan seri iPhone 15 berhasil menempati posisi tiga teratas untuk Q4 2023.

Share
×
tekid
back to top