iPad atau iPhone tak dapat dicharge? Mungkin ini masalahnya

Dikarenakan penampang kontak dari kabel charger iPhone dan iPad yang terbuka, simpan kabel pengisian daya dengan baik.

iPad atau iPhone tak dapat dicharge? Mungkin ini masalahnya Ilustrasi iPhone tidak bisa di charge (Pexels)

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memiliki perangkat dengan kualitas tinggi. Hal ini membuat hampir semua produk mereka dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Meski demikian, ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh para penggunanya. Salah satunya adalah perangkat iPhone atau iPad mereka sering kali tidak dapat mengisi daya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

LG bakal pasok sensor ToF untuk iPad Pro 2020

iPhone 11 punya 6GB RAM?

Apple bakal patenkan istilah Slofie


Nah, bagi Anda yang juga merasakan hal ini, jangan buru-buru membeli kabel charger baru terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang bisa terjadi. Dan menurut ZDnet (13/5/2019), salah satunya adalah terdapatnya korosi ringan pada kabel pengisian daya.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah dengan menggunakan penghapus yang berbahan lentur. Yang harus Anda lakukan adalah menggosokkan penghapus di bagian yang terdampak korosi.

Gosokkan penghapus secara perlahan di bagian yang terkena korosi. Lakukan proses penggosokkan selama tiga kali. Jika korosinya tidak terlalu keras, maka dengan membersihkannya dengan penghapus sudah cukup.

Jika korosi tersebut masih ada, jangan menyerah dahulu. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya menggunakan contact cleaner. Biasanya, Anda bisa menemukannya di toko elektronik atau e-commerce di kisaran harga Rp50 ribu-an.

Selain contact cleaner, siapkan juga kuas halus. Usahakan jangan menggunakan sikat gigi bekas atau kuas yang kasar. Hal ini dikarenakan, jika menggunakan kuas yang terlalu keras, akan merusak kabel charger Anda lebih parah lagi.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyemprotkan cairan contact cleaner ke bagian yang terkena korosi. Kemudian, gosokkan kuas secara perlahan. Jika di percobaan pertama tidak bisa bersih seutuhnya, lakukan pembersihan sebanyak tiga kali.

Biasanya, korosi di kabel charger ini terjadi karena beberapa hal. Yang paling umum adalah dikarenakan plat kuningan yang menjadi konektor terkena cairan secara langsung. Selain itu, kondisi lembab juga dapat menyebabkan konektor tersebut terkena korosi.

Jadi, jika Anda pengguna iPhone ataupun iPad, disarankan untuk lebih berhati-hati denganĀ kabel charger Anda. Selalu letakkan di tempat yang lebih aman.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: