sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Rabu, 25 Mar 2020 09:45 WIB

iOS dan iPadOS 13.4 punya dukungan trackpad

Apple tampaknya membuat pembaruan tersebut agar iPad Pro dapat lebih optimal ketika dihubungkan dengan Magic Keyboard.

iOS dan iPadOS 13.4 punya dukungan trackpad
Source: Apple via Engadget

Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 13.4 dan iPadOS 13.4. Kemungkinan besar informasi ini merupakan berita yang sangat baik bagi pengguna iPad. Seperti yang telah dijanjikan, iPadOS 13.4 telah memperkenalkan dukungan mouse dan trackpad sehingga memungkinkan pengguna menggunakan tablet seperti laptop, termasuk gestur multi-sentuh untuk melakukan navigasi.

Dilansir dari Engadget (25/3), Apple tampaknya membuat pembaruan tersebut agar iPad Pro dapat lebih optimal ketika dihubungkan dengan Magic Keyboard. Tetapi pengguna dapat menggunakan iPad versi lain jika memiliki periferal yang mendukung.

Ada peningkatan substansial lainnya. Kini akhirnya pengguna dapat berbagi folder iCloud Drive, lengkap dengan pembaruan file secara real-time. Pengguna dapat membeli aplikasi iOS dan Mac dalam sebuah bundling. Aplikasi navigasi pihak ketiga kini berfungsi dengan CarPlay Dashboard jika pengguna memilih untuk tidak menggunakan Apple Maps. Mail memiliki tata letak tombol yang diperbarui untuk mencegah pengguna menghapus pesan secara tidak sengaja.

Sekarang aplikasi TV memiliki fitur penyimpanan data (data savings) untuk menghemat bandwith dan penyimpanan. Tidak ketinggalan pula Memoji baru jika pengguna perlu menambahkan sentuhan pribadi ke stiker Eyeroll dan semacamnya.

Ada pembaruan yang sesuai untuk Apple TV, Mac dan Apple Watch, meskipun pembaruan Apple Watch kemungkinkan menjadi yang utama. Kini memungkinkan pembelian dalam aplikasi (in-app purchases) untuk aplikasi menonton, dan memperkenalkan baik dukungan EKG maupun peringatan detak jantung yang tidak teratur di negara tertentu.

Tetapi tidak disebutkan hadirnya CarKey, yaitu fitur yang memungkinkan iPhone dan Apple Watch untuk membuka kunci, mengunci, dan mengaktifkan mesin mobil. Pengguna akan dapat memanfaatkan CarKey di mobil yang kompatibel dengan NFC, karena fitur ini perlu mendekatkan perangkat ke kendaraan untuk menggunakannya sebagai kunci.

Tag
Share
back to top