sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
Rabu, 24 Feb 2021 11:18 WIB

Ini kondisi iPhone 12 setelah direndam selama 30 menit

iPhone 12 diuji di kedalaman 6 meter dan 20 meter di bawah air tawar Danau Tahoe dengan suhu 11 derajat dan 10 derajat Celcius.

Ini kondisi iPhone 12 setelah direndam selama 30 menit
Source: CNET

iPhone 12 merupakan salah satu smartphone yang diklaim tahan akan tumpahan atau percikan air. Tetapi, tahukah kalian kalau perangkat ini juga mengantongi sertifikat IP68? Ini berarti, smartphone tersebut dapat bertahan di dalam air dengan kedalaman 6 meter selama 30 menit. Kemampuan tersebut berlaku untuk keempat model iPhone 12, yakni iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pr Max.

Namun, penemuan terbaru mengatakan kalau iPhone 12 bisa bertahan melebihi klaim tersebut, seperti yang ditemukan pada model iPhone 11 beberapa waktu lalu. Saat itu, iPhone 11 diuji di bawah laut Monterey Bay, California. Dan sekarang, iPhone 12 diuji ketahanannya di bawah air tawar Danau Tahoe, Golden State, California.

Pengujian ini dilakukan oleh CNET dan Mission Robotics, dengan memasang ponsel pada drone bawah air Theseus. Pilot dapat melihat pemandangan dari kamera Theseus yang menyelam bersama drone, serta memantau kedalaman dan metrik suhu air.

Pada pengujian pertama, iPhone 12 dibawa ke kedalaman 6 meter di bawah air Danau Tahoe dengan suhu 11 derajat Celcius selama 30 menit. Selanjutnya, pengujian kedua dilakukan lebih ekstrem dengan membawa ponsel ke kedalaman 20 meter dengan suhu 10 derajat Celcius, selama 40 menit.

Anehnya, iPhone 12 masih berfungsi dengan baik setelah melewati dua pengujian tersebut. Layar masih responsif, tidak ditemukan fogging di dalam kamera, dan tombol berfungsi dengan baik. Hanya saja audio dari speaker terdengar agak redam. 

Namun, efek samping baru terlihat setelah 72 jam ponsel dikeringkan. Lensa kamera depan maupun belakang mengalami fogging. Di samping itu, layar menampilkan prompt Diagnostik setelah diisi daya. Meskipun tidak pasti apa penyebabnya, ini kemungkinan terjadi karena perpindahan suhu dari air dingin Danau Taho ke suhu ruangan. 

Setidaknya dari pengujian tersebut, kita bisa mengetahui kalau klaim IP68 berjalan dengan baik pada iPhone 12. Anda juga tidak disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang dilakukan dalam pengujian ini karena dengan jelas dilarang pada panduan perangkat. Di samping itu, kerusakan air juga tidak dijamin oleh garansi Apple

Share
×
tekid
back to top