Ini fitur-fitur baru yang dibawa Oppo Reno 2

Akhirnya Oppo membawa Oppo Reno 2 ke Indonesia. Dikenal sebagai smartphone high-end dengan performa kamera tangguh, Oppo Reno sepertinya menyempurnakan fitur-fitur fotografi yang ada di Reno sebelumnya.

Oppo resmi memperkenalkan Reno 2 Series untuk pasar premium high end hari ini (8/10). Reno 2 dan Reno 2 F merupakan dua model terbaru dari Oppo Reno 2 Series yang diklaim akan membawa kreativitas penggunanya melampaui berbagai batasan melalui beragam fitur yang akan meningkatkan kemampuan para penggunanya dalam melakukan fotografi.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Oppo patenkan layar melengkung di keempat sisinya

Baterai Opp Reno Ace bisa penuh dalam waktu 30 menit

Enaknya menonton film di smartphone berfitur audio Dolby Atmos


Selain mengusung komposisi empat kamera utama, Reno 2 juga dilengkapi dengan 5x Hybrid Zoom yang semakin mendekatkan pengguna dengan subjek fotonya. Fitur yang ampuh dalam menangkap cahaya remang-remang juga tidak ketinggalan dibawa Oppo ke perangkat ini, Ultra Dark Mode. Fitur ini berguna untuk memotret di malam hari dengan sangat jernih meski dalam kondisi hampir tidak ada cahaya. Hal yang baru adalah kedatangan fitur Ultra Steady Video untuk merekam video dengan sangat stabil di beragam situasi apa pun.

“Mewarisi semangat kreativitas khas Reno Series, Reno 2 Series akan melengkapi kemampuan pengguna kami untuk menyalurkan kreativitas mereka dan memungkinkan untuk menemukan perspektif baru,” kata Aryo Meidianto, Public Relations Manager Oppo Indonesia.

“Performa teknologi kamera mutakhir Reno2 Series terbukti sangat luar biasa di berbagai lokasi dan situasi, mulai dari menciptakan pemandangan yang lebih luas, pantai yang disinari terik matahari, hingga pemandangan malam tanpa cahaya,” ujarnya.

Oppo berdedikasi untuk mendorong batasan fotografi mobile. Reno 2 dilengkapi dengan empat kamera yang menyediakan sistem pencitraan dengan berbagai focal lengths (panjang fokus) mulai dari 5x Hybrid Zoom, lensa Ultra-Wide Angle, dan fitur-fitur lainnya. Tiga lensa dengan panjang fokus yang berbeda bekerja secara bersamaan untuk menciptakan efek 5x Hybrid Zoom yang unik dari sudut ultra lebar ke telefoto, sekaligus juga menggabungkan teknologi gambar untuk memastikan transisi zoom yang halus dan tak terputus.

Dengan teknologi ini, Reno 2 mampu menciptakan pencitraan yang tajam dan berkualitas tinggi dalam jarak yang jauh, seperti saat presentasi yang membutuhkan informasi tekstual yang terpapar dengan jelas, atau ketika pengguna ingin menangkap foto saat menonton konser. Fitur lensa Ultra-Wide Angle memberikan sudut pandang 116 derajat yang mengesankan dan mampu menghasilkan gambar bertema foto yang sama sekali berbeda. Kemampuan memotret dengan sudut pandang luas ini pun bisa dipakai dalam kondisi malam maupun siang

Spesifikasi kamera Oppo Reno 2

Lensa utama Oppo Reno 2 beresolusi 48MP, dilengkapi dengan Optical Image Stabilization, aperture f/1.7, dan sensor 1/2-inci bersama dengan teknologi Quad Bayer membuat Reno 2 menawarkan performa terbaik dalam cahaya rendah. Memotret di malam hari tak menjadi masalah berkat NPU yang kuat dan algoritma Oppo yang telah disesuaikan. Sekalipun tingkat cahaya berada di bawah 1 lux, teknologi kamera Reno 2 mampu meningkatkan kualitas foto dengan menggunakan AI noise reduction yang dioptimalkan.

Kini, objek di malam hari tampak lebih jelas berkat optimasi pada built-in NPU, sehingga pemrosesan gambar juga menjadi lebih cepat. Meskipun mata manusia tidak berfungsi secara maksimal dalam situasi gelap, kini pengguna dapat menggunakan Reno 2 untuk menangkap berbagai adegan, seperti momen makan malam berpenarangan cahaya lilin misalnya.

Semakin banyaknya pengguna media sosial yang merekam video saat ini, pun membuat Oppo tidak melupakan dan turut memaksimalkan dunia Videografi melalui Reno 2. Teknologi Ultra Steady Video Mode yang dikembangkan OPPO mampu meningkatkan stabilitas video, sehingga memungkinkan pengguna untuk merekam video secara stabil saat berlari, bermain ski, meluncur di skateboard, bersepeda, dan beragam aktivitas lainnya.

Kestabilan ini berkat IMU sensor yang dikombinasikan dengan Electronic Image Stabilization (EIS) dan Optical Image Stabilization (OIS). Semua fitur tersebut membantu menghilangkan keburaman dan menambah keakuratan foto. Tak hanya itu, rekaman video pada Reno 2 juga memiliki frame rate 60 fps yang sanggup meningkatkan stabilitas gambar, kehalusan, dan kualitas gambar secara keseluruhan.

Desain

Reno 2 juga hadir dengan layar AMOLED 6,5 inci beresolusi 2400x1080 piksel. Rasio layar ke bodi sebesar 93,1%, terbuat dari Corning Gorilla Glass Generasi ke-6 yang kuat. Varian Reno 2, yakni Reno 2 F juga hadir dengan layar AMOLED 6,5 inci, beresolusi 2340x1080 piksel, dan rasio layar ke bodi mencapai 91,1%, serta dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Generasi ke-5.

Hadirnya Sunlight AMOLED Screen terbaru pada Reno 2 membuat tingkat kecerahan yang sangat baik saat berada di luar ruangan, memperpanjang usia pemakaian layar hingga 50% dan mengurangi konsumsi daya hingga 6%. Reno 2 juga dilengkapi dengan Pivot Rising Camera berbentuk Sirip Hiu, yang mendukung pengambilan gambar dengan cahaya latar belakang yang sangat kuat dan juga AI Beauty Mode. Sementara Reno 2 F menampilkan kamera depan pop-up 16MP dengan fitur Atmosphere Light. Fitur ini menyala saat kamera depan pop-up aktif.

Selain bodi yang melengkung, Reno 2 Series juga diperkaya teknologi three-layer stripping yang menghasilkan tampilan khas yang cemerlang serta multi-toned dengan berbagai nuansa warna yang berbeda jika dilihat dari beragam sudut. Selain itu, kamera belakang tersembunyi di bawah penutup belakang dan terbalut oleh CorningGorilla Glass Generasi ke-5 yang kuat.

Pada warna Luminous Black, bagian pemancar cahaya Reno2 dibuat dengan tekstur nano roll-processed, sehingga menghasilkan efek cemerlang saat dilihat dari sudut tertentu. Selain itu, penggunaan Ribbon Transfer 2.0 mampu menghasilkan efek gradien warna yang unik di atas teksturnya yang terang.

Performa hardware dan software

Reno 2 Series mengusung sistem operasi khas Oppo, Color OS 6.1 berbasis Android Pie 9.0 versi terbaru yang mudah untuk digunakan dan menyenangkan bagi penggunanya. Sistem operasi ini mempunyai tampilan visual baru, seperti tema wallpaper yang senada dengan desain eksterior ponsel. Warna gradien yang ringan, elegan digunakan untuk menggantikan desain color block yang digunakan sebelumnya. Reno 2 juga menampilkan sejumlah gestur terbaru untuk membantu navigasi, sehingga pengoperasian ponsel menjadi lebih nyaman saat dilakukan dengan satu tangan.

Selain itu, Reno 2 Series menawarkan pengalaman gaming yang lengkap, dengan fitur-fitur optimal seperti Touch Boost 2.0, Frame Boost 2.0 dan Game Space. Fitur Touch Boost 2.0 membantu pengguna menghindari kesulitan saat menjalankan game yang membutuhkan spesifikasi tinggi, sementara Frame Boost 2.0 menganalisis status kinerja seluler serta menyesuaikan kecepatan dan stabilitas gambar untuk memberikan pengalaman gaming terbaik. Frame Boost 2.0 juga akan mengalokasikan sumber daya untuk mengurangi penggunaan daya dan menghindari overheating mesin ponsel. Tak hanya itu, fitur Game Space mengatur aplikasi game secara kolektif untuk menyajikan pengalaman bermain game yang bebas dari gangguan. Secara keseluruhan, Reno 2 ini memiliki sertifikasi kinerja gaming terbaik dari TUV Rheinland yang telah menguji performa gaming Reno 2 secara keseluruhan, baik dari layar, daya tahan baterai, performa, hingga kekuatan sinyal.

Selain itu, Oppo telah menempatkan perhatian yang besar pada proses pembuatan konten video dan berupaya untuk memberikan pengalaman yang lebih imersif melalui teknologi layar berkualitas tinggi Reno 2, Dolby Atmos dan Hi-Res Audio.

Oppo Reno 2 juga dilengkapi dengan teknologi VOOC Flash Charge 3.0 yang cepat dan aman. Teknologi ini menggunakan algoritma VFC terbaru yang mempersingkat 10% waktu pengisian terakhir baterai secara signifikan dengan menggandakan kecepatan pengisian. VOOC Flash Charge 3.0 mampu memperpanjang daya tahan baterai 4.000mAh pada OPPO Reno 2 sehingga pengguna dapat menggunakan ponsel lebih lama dibandingkan sebelumnya.

Pengalaman audio pakai headphone peredam bising nirkabel pertama Oppo

Oppo juga memperkenalkan produk headphone neckband terbarunya, Oppo Enco Q1 Wireless Noise Cancelling Headphones. Headphone Oppo Enco Q1 adalah headphone nirkabel peredam bising pertama dari Oppo. Tidak heran kalau ini headphone yang menarik, karena sebelumnya Oppo dikenal berpengalaman dan memiliki pengetahuan bertahun-tahun dalam teknologi audio.

Pada Oppo Enco Q1 menggunakan teknologi active noise cancelation. Headphone ini juga memiliki unit dynamic driver dengan diafragma seukuran 11,8 mm. Selain mendukung format AAC, Oppo Enco Q1 juga memiliki tiga mode audio 3D yang imersif serta tuning audio yang dikembangkan oleh sebuah tim akustik khusus. Menggunakan fitur ini, pengguna dapat menikmati musik, game, dan video dengan kualitas terbaik di kondisi apa pun.

Headphone ini memakai port pengisian USB-C. Oppo Enco Q1 juga dapat terus memainkan audio selama 15 jam saat menggunakan fitur active noise cancelation, dan 22 jam saat fitur tersebut tidak aktif.

Harga dan ketersediaan

Oppo Reno 2 varian warna Luminous Black dan Sunset Pink yang memiliki kapasitas RAM 8GB dan ROM 256GB dapat dipesan 8-30 Oktober 2019, dengan harga Rp7.999.000. Pengguna akan mendapatkan hadiah ekslusif Headset Oppo Enco Q1 selama persediaan masih ada.

Oppo Reno 2 F dalam varian warna Lake Green dan Sky White yang memiliki RAM 8GB dan ROM 128GB dapat dipesan pada periode 8-17 Oktober 2019. Oppo Reno 2 F dijual perdana pada 18 Oktober 2019 dengan harga Rp5.399.000. Pengguna akan mendapatkan hadiah ekslusif JBL GO Portable Wireless Speaker selama persediaan masih ada.

Oppo Enco Q1 Wireless Noise Cancelling Headphones pun dijual terpisah dalam dua varian warna, Midnight Black dan Sunny Orange. Headphone dapat dipesan mulai 10-20 Oktober 2019 melalui lazada, dengan harga pre-order Rp1.499.000. Oppo Enco Q1 dijual perdana 21 Oktober 2019 dengan harga resmi Rp1.599.000.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: