sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Rabu, 02 Sep 2020 11:43 WIB

ZTE luncurkan ponsel dengan kamera di bawah layar pertama di dunia

Perusahaan asal Tiongkok ini menggunakan bahan dengan transparansi tinggi untuk layarnya, sehingga menyeimbangkan performa layar dan kamera depan.

ZTE luncurkan ponsel dengan kamera di bawah layar pertama di dunia

Sesuai dengan rumor yang berhembus, akhirnya ZTE secara resmi meluncurkan Axon 20 5G, ponsel pertama di dunia dengan kamera di bawah layar. Tentu saja nilai jual utama ponsel ini adalah kamera depan yang tidak terlihat sehingga memiliki pengaruh tinggi pada desain layarnya. Layarnya sendiri memiliki teknologi OLED 6,92 inci dengan color gamut DCI-P3 100%.

Dilansir dari Gizmochina (2/9), layar ponsel terbaru dari ZTE tersebut juga mendukung refresh rate hingga 90 Hz serta sampling rate sentuh 240 Hz agar lebih responsif . Soal resolusi, layar ZTE Axon 20 5G dibekali dengan Full HD+ atau 2.460 x 1.080 piksel.

ZTE mampu membuat desain kamera di bawah layar dengan menerapkan lima teknologi inti, termasuk bahan khusus, chip kontrol ganda, sirkuit driver unik, matriks piksel khusus, dan algoritma selfie internal. Dengan teknologi ini, ZTE mampu mengatasi berbagai tantangan teknis selama penelitian dan pengembangan.

Perusahaan asal Tiongkok ini juga menggunakan bahan dengan transparansi tinggi untuk layarnya sehingga menyeimbangkan performa layar dan kamera depan. Material yang digunakan termasuk film organik dan anorganik baru, sehingga meningkatkan masukan cahaya dari area layar ke kamera depan.

Selain itu, chip kontrol ganda independen dan sirkuit driver terintegrasinya digunakan untuk memungkinkan sinkronisasi warna antara kamera depan dan layar. ZTE juga membuat matriks khusus yang dapat mengoptimalkan piksel dan meningkatkan konsistensi layar, sehingga menciptakan transisi yang lebih alami. Teknologinya terdengar mirip dengan solusi kamera di bawah layar dari Xiaomi.

Algoritma kamera depan ZTE telah mengoptimalkan performanya dalam beberapa kondisi pencahayaan. Ini juga mendukung penyesuaian rentang dinamis otomatis, sehingga meningkatkan kejernihan foto dan kontras gambar.

Prosesor yang digunakan ponsel ini adalah Snapdragon 765G, yang dipadukan dengan RAM 6 GB atau RAM 8 GB. Dalam hal penyimpanan internal, ponsel ini hadir dengan versi 128 GB dan 256 GB. Kapasitas baterai yang digunakannya adalah 4.220 mAh, serta penyisian cepat berbasis teknologi Qualcomm Quick Charge 4+.

Soal harga varian ZTE Axon 20 5G 6 GB + 128 GB adalah 2.198 yuan (Rp4,8 juta). Versi 8 GB + 128 GB dijual dengan harga 2.498 yuan (Rp5,4 juta). Sedangkan opsi 8 GB + 256 GB dibanderol dengan harga 2.798 yuan (Rp6 juta).

Share
×
img
×
tekid
back to top