sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Senin, 27 Feb 2023 16:50 WIB

Ini alasan anak Gen Z lebih suka pakai iPhone

Ternyata, salah satu alasan Gen Z lebih suka pakai iPhone ketimbang android adalah karena status sosial, terutama karena takut dikucilkan.

Ini alasan anak Gen Z lebih suka pakai iPhone

Dalam sebuah survei menyebutkan bahwa Gen Z di Amerika Serikat (AS) lebih memilih memakai iPhone ketimbang Android. Alasannya karena status sosial, terutama karena merasa takut dikucilkan dari pergaulan.

Selama satu dekade terakhir, pengguna ponsel hanya memiliki dua opsi dalam hal sistem operasi, yakni Android atau iOS. Meskipun begitu, salah satunya memiliki pangsa pasar yang sangat besar. 

Alasannya jelas, Android digunakan oleh hampir semua merek ponsel lain selain Apple. Sedangkan iOS hanya digunakan oleh Apple. Namun, dominasi Android kini terancam oleh pengguna ponsel generasi baru, Gen Z atau Generasi Z.

Pada sebuah survei yang dilaporkan dari Financial Times melalui Apple Insider (27/2), menemukan fakta bahwa Gen Z di AS lebih memilih memakai iPhone ketimbang Android. Ini karena mereka yang lahir antara tahun 1996 hingga 2012 merasa takut dikucilkan dari pergaulan karena tidak memiliki iPhone.

Menurut laporan tersebut, sebanyak 34 persen Gen Z di AS tercatat sebagai pengguna iPhone. Statistik ini cukup signifikan mengingat Samsung – merek yang menggunakan sistem operasi Android – hanya berada di angka 10 persen saja.

Saat diwawancarai Gizchina, banyak pengguna iPhone menyatakan bahwa iMessage adalah salah satu alasan utama mereka menggunakan iPhone. Sebab, layanan pesan antar perangkat iOS ini mendiskriminasi pengguna Android dengan menampilkan pesan dalam bubble hijau, bukan biru. 

Tidak peduli meski harga mahal

Bahkan ketika harga rata-rata iPhone naik hingga USD 1.000 – sekitar tiga kali lipat rata-rata perangkat Android di seluruh dunia – kebutuhan Gen Z akan iPhone terus meningkat. Menariknya, peningkatan penggunaan iPhone di kalangan Gen Z tidak hanya menjajaki pasar AS saja.

Sebuah perusahaan konsultan yang berspesialisasi dalam analisis pasar, Canalys, menemukan bahwa 83 persen pengguna iPhone di Eropa yang berusia di bawah 25 tahun berencana untuk terus menggunakan produk Apple. Sebaliknya, kurang dari separuh pengguna Android berencana untuk terus menggunakan perangkat Android.

Laporan tersebut menyoroti pengaruh sistem operasi Apple terhadap Gen Z, yang dianggap sebagai generasi paling beragam dan inklusif dalam sejarah. Ketakutan akan dikucilkan karena tidak memiliki iPhone membuat banyak anak muda memilih perangkat Apple daripada perangkat Android.

Share
×
tekid
back to top