sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 23 Jul 2022 09:18 WIB

Huawei P60 diprediksi rilis dengan SoC Kirin 9100 berbasis 14nm

Huawei dikatakan sedang menyiapkan untuk meluncurkan ponsel flagship selanjutnya. Ponsel ini adalah Huawei P60, yang akan diperkuat prosesor Kirin 9100 14nm.

Huawei P60 diprediksi rilis dengan SoC Kirin 9100 berbasis 14nm
Huawei P50

Sejak Huawei menghadapi berbagai sanksi Amerika Serikat, mereka mengalami penurunan besar-besaran dalam operasi bisnis ponsel pintarnya. Namun, sebuah laporan baru telah mengungkapkan beberapa detail menarik mengenai ponsel flagship generasi berikutnya dari perusahaan tersebut.

Sebagai informasi, AS telah menjatuhkan sanksi pada Huawei. Ini membuatnya kehilangan ke pemasok chip utamanya, TSMC. Perusahaan itu biasanya menggunakan chipset HiSilicon Kirin mereka, terutama untuk model ponsel andalannya.

Namun sekarang, laporan baru dari HuweiCentral telah memberikan kita informasi lebih lanjut mengenai model Huawei P60 yang akan datang. Tampaknya, ponsel flagship anyar itu akan dibekali chipset Kirin baru yang didasarkan pada proses 14nm dan akan dijuluki chipset Kirin 9100.

Dilansir dari Gizmochina (23/7), berita itu datang dari tipster yang membagikan informasi di Weibo (situs web microblogging Tiongkok). Dalam postingan di dalam media sosial, tipster tersebut mengungkapkan bahwa meskipun didasarkan pada proses 14nm, kinerja chip baru itu akan sebanding dengan proses 5nm saat ini.

Selain itu, ini juga menunjukkan upaya perusahaan untuk menghidupkan kembali anak perusahaan pembuat chip mereka, HiSilicon, serta produksi integrated circuit (IC) mereka sendiri. Dikabarkan bahwa model ponsel premium P60 akan diluncurkan sekitar tahun 2023.

Sebagai perbandingan, prosesor flagship dari Qualcomm atau Apple didasarkan pada proses 5nm, yang dapat menampung 15 miliar transistor. Di sisi lain, proses 14nm hanya dapat menampung sekitar 2 miliar transistor, dan digunakan oleh Apple untuk iPhone 6s pada tahun 2015, yang menampilkan chipset A9.

Share
×
tekid
back to top