sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 31 Mar 2020 18:33 WIB

Huawei P40 Pro punya kamera terbaik versi DXOMark

Kamera utama Huawei P40 Pro hadir dengan sensor Quad-Bayer 1/1,28 inci beresolusi 50 MP. Dengan demikian, secara default kamera ini memiliki gambar beresolusi 12 MP.

Huawei P40 Pro punya kamera terbaik versi DXOMark
Source: DXOMark

Beberapa hari yang lalu Huawei secara resmi mengumumkan ponsel flagship P40 Series yang terdiri dari P40, P40 Pro dan P40 Pro+. Seperti yang sudah-sudah, ponsel Huawei seri P selalu mengutamakan performa kualitas gambar dari kameranya. Seri ini sudah bekerja sama dengan pabrikan lensa asal Jerman Leica sejak model P9 yang dirilis pada tahun 2016.

Baru-baru ini DXOMark mengeluarkan hasil uji kamera Huawei P40 Pro dan memberinya skor sebesar 128 poin untuk kamera belakangnya. Nilai tersebut secara otomatis menjadikan P40 Pro meraih posisi pertama dalam hal kualitas. Ini berarti ponsel itu berhasil mengambil tahta Oppo Find X2 Pro yang sempat menjuarai nilai teratas pada pengujian yang dilakukan DXOMark dengan skor 124 poin.

Kamera utama Huawei P40 Pro hadir dengan sensor Quad-Bayer 1/1,28 inci beresolusi 50 MP. Dengan demikian, secara default kamera ini memiliki gambar beresolusi 12 MP sehingga ukuran masing-masing pikselnya (photosite) sangat besar untuk ukuran ponsel.

Seperti halnya perangkat lain dengan sensor serupa, P40 Pro menggunakan teknologi pixel binning untuk meningkatkan rentang dinamis dan performa pada kondisi cahaya minim. Lensa pada kamera utama memiliki aperture f/1.9 dan focal length 23 mm (setara dengan kamera format 35 mm). Tentu saja kamera ini memiliki stabilisasi gambar berbasis gerakan lensa (OIS) sehingga tidak menggunakan metode sensor cropping yang digunakan pada stabilisasi EIS kebanyakan.

Huawei membekali ponsel ini dengan kelengkapan empat kamera (Leica Quad Camera) yang terdiri dari kamera utama beresolusi 50 MP (sudah dijelaskan sebelumnya), kamera Ultra Wide Cine 40 MP, kamera berlensa periskop 5x optical zoom beresolusi 12 MP, dan kamera ToF untuk mendeteksi antara subjek dan latar belakang.

Skor 128 poin dalam performa kamera P40 Pro merupakan skor keseluruhan yang terdiri dari 140 poin untuk pengujian Photo dan 105 untuk pengujian Video. Dari kedua hasil pengujian tersebut, DXOMark juga menjelaskan sub-skor dari masing-masing pengujian tersebut.

Pada Photo, sub-skor pengujian tertinggi berada pada performa Zoom. Tidak ayal lagi ini hadir berkat lensa berbasis periskop untuk melakukan zoom optical hingga 5x. P40 Pro menggunakan metode periskop mirip dengan P30 Pro yang dikenalkan tahun lalu, tetapi Huawei telah meningkatkan pemrosesan dan software. Hasilnya adalah gambar yang tajam, meski saat melakukan lebih dari zoom 5x (digital).

Sub-skor tertinggi kedua adalah performa autofocus (AF) yang diberi nilai 100 poin oleh DXOMark. Hal ini lantaran kamera P40 Pro mampu mendeteksi subjek dengan akurat dan cepat dalam hampir di seluruh kondisi cahaya. Selanjutnya ada penilaian exposure denga skor 98, sehingga memungkinkan ponsel tersebut memberikan porsi cahaya dan bayangan di antara objek dalam frame.

Dalam pengujian Video, sub skor tertinggi adalah AF dengan memegang nilai 98. Hal ini memungkinkan P40 Pro sangat tanggap dalam menentukan titik fokus pada subjek meski ia beralih dari subjek berjarak jauh ke dekat, atau sebaliknya. Dalam sistem stabilisasi gambar ketika merekam video, teknologi OIS secara efektif menjaga keadaan stabil saat merekam sambil berjalan tanpa menggunakan bantuan gimbal.

Selain kamera belakang, kamera depan P40 Pro juga memiliki nilai terbaik dengan 103 poin. Kekuatan utama foto selfie pada ponsel tersebut adalah performa exposure, warna, keandalan menanggulangi gangguan noise, dan bokeh. Hasil pemotretan bokeh sangat mengesankan berkat sensor inframerah (IR) sehingga P40 Pro mampu memberikan estimasi kedalaman yang baik dan akurat antar subjek saat memberikan efek blur latar belakang.

Sedangkan performa video pada kamera depan menjadikan P40 Pro cocok untuk para penggemar selfie. Dalam kondisi di dalam ruangan maupun di luar ruangan, penanganan performa exposure sangat baik dan warna yang cerah, serta performa AF yang akurat. Tidak ketinggalan pula ketajaman detil gambar yang sangat baik untuk ukuran kamera depan.

Share
×
tekid
back to top