Huawei Mate 30 Lite bisa jadi ponsel pertama dengan HarmonyOS

Huawei baru saja memperkenalkan HarmonyOS. Meski belum terpasang di smartphone, namun Mate 30 Lite diprediksi menjadi smartphone pertama yang akan hadir dengan sistem operasi tersebut.

Huawei Mate 30 Lite bisa jadi ponsel pertama dengan HarmonyOS Source: Google

Huawei baru saja mengumumkan sistem operasi buatannya sendiri. Sistem operasi bernama HarmonyOS ini kabarnya akan berjalan pertama kali pada perangkat TV pintar mereka akhir tahun ini. Kendati begitu, belum ada kepastian kapan Huawei akan memasang OS ini pada smartphone buatannya. 

Dilansir dari TechRadar (10/8), seorang tipster dengan akun Twitter bernama Rodent950 mengatakan bahwa Huawei kabarnya tengah mempersiapkan HarmonyOS untuk perangkat Huawei Mate 30 Lite. Sementara itu, Huawei Mate 30 dan mate 30 Pro masih akan tetap menggunakan sistem operasi Android. 


BACA JUGA

Mengenal HarmonyOS, juru selamat Huawei

Huawei Mate 30 bakal bawa dukungan video 4K 60fps

Begini penampakan terbaru Huawei Mate X


Sewaktu memperkenalkan sistem operasi ini, Richard Yu, CEO Huawei, mengatakan belum akan menggunakannya pada smartphone. Meski begitu, ia tidak memberitahu kapan waktu yang pasti untuk menyematkan HarmonyOS tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa akan memberikan HarmonyOS untuk smartphone ketika Huawei tidak bisa lagi menggunakan sistem operasi Android. 

Menurut rumor yang beredar, Huawei Mate 30 Lite awalnya diberitakan akan hadir pada Juli 2019. Smartphone ini akan memiliki empat kamera dengan susunan kotak. Namun, Huawei justru memperkenalkan smartphone itu dengan nama Nova 5i. Kabar lain, Huawei Mate 30 Lite dilaporkan akan hadir pada pertengahan september tahun ini. 

Apabila Mate 30 Lite memang didasarkan dari Nova 5i, kemungkinan smartphone ini akan hadir dengan bentang layar 6,26 inci. Di dalamnya akan tertanam chipset Kirin 810 dan mengusung konsep kamera depan punch hole. Sedangkan di bagian belakang, ada kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro dan kamera depth sensor. Kapasitas baterai 4000 mAh akan ditopang juga dengan teknologi pengisian cepat 25W.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: