Huawei bakal pamer smartphone 5G di MWC 2019

Richard Yu mengatakan bahwa Huawei akan meluncurkan smartphone 5G yang bisa dilipat pada ajang MWC 2019 di Barcelona.

Huawei bakal pamer smartphone 5G di MWC 2019 Source: Cnet

Huawei telah mengumumkan Balong 5000 sebagai modem 5G paling kuat di dunia yang bisa memberikan kecepatan internet hingga 6,5 Gbps. Pada konferensi yang sama, CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu, juga turut mengkonfirmasi bahwa Huawei akan meluncurkan smartphone 5G.

Dilansir dari Gizmochina (24/1), Huawei akan meluncurkan smartphone 5G-nya pada ajang (MWC) 2019 di Barcelona. Richard Yu mengatakan bahwa smartphone 5G yang meluncur bulan depan itu akan menjadi perangkat yang bisa terlipat. Smartphone 5G tersebut juga akan ditenagai chipset Kirin 980 dan Balong 5000, sebagai ganti komponen dari pemasok lain seperti Qualcomm.


BACA JUGA

Uni Eropa ancang-ancang blokir Huawei

Huawei juarai pasar smartphone di China

AS tuduh Huawei tipu bank dan curi teknologi T-Mobile


“Modem Qualcomm Snapdragon X50 LTE dapat menawarkan kecepatan unduhan hingga 5 Gbps. Namun tidak mendukung frekuensi Standalone (SA) dan FDD, tidak seperti yang didukung oleh modem Balong 5000 5G. Balong 5000 juga mendukung arsitektur Non-Standalone (NSA) bersama dengan jaringan 3G, 4G, 5G, dan menghabiskan lebih sedikit daya," kata Richard Yu.

Sedangkan chipset Kirin 980 telah digunakan pada smartphone unggulan Huawei dan Honor yang dilengkapi dengan CAT. Modem 21 LTE ini memungkinkan mencapai kecepatan unduh hingga 1,4 Gbps. Secara teoritis, modem ini menawarkan konektivitas 4.5G.

Kabarnya dengan Kirin 980 yang merupakan chipset siap 5G, maka Huawei akan menukar CAT-nya. Huawei akan menukar modem 21 LTE tersebut dengan modem Balong 5000 5G yang lebih kuat.

Di sisi lain, smartphone 5G ini juga akan bisa dilipat berkat panel OLED fleksibel. Kabarnya ketika terbuka, smartphone ini akan menawarkan area layar sekitar 8 inci, dan saat terlipat akan menawarkan tampilan 5 inci. Sebelumnya Huawei juga dikabarkan tengah mempertimbangkan nama untuk smartphone 5G-nya, seperti Mate F, Mate Flex, Mate Flexi, dan Mate Fold.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: