Huawei ajukan paten kamera di bawah layar

Huawei didapati sudah mengajukan paten user interface untuk mengakomodir teknologi kamera di bawah layar.

Huawei ajukan paten kamera di bawah layar Source: Shutterstock

Teknologi kamera di bawah layar tampaknya akan menjadi tren baru dari smartphone Android. Beberapa vendor sudah memamerkan produk purwarupa smartphone yang hadir dengan teknologi ini. Misalnya, Oppo saat ajang MWC Shanghai, atau Vivo dan Xiaomi yang juga dikabarkan sudah memiliki purwarupanya. 

Dilansir dari GSMArena (6/7), pabrikan smartphone asal Cina lainnya juga akan ikut meramaikan tren ini. Huawei dilaporkan baru saja mengajukan paten untuk antarmuka smartphone. User interface ini menunjukkan adanya teknologi kamera di bawah layar. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Huawei sedang dalam diskusi permulus 5G di AS

Huawei sedang dalam diskusi permulus 5G di AS

Begini cara pasang layanan Google di Huawei Mate 30


Huawei kabarnya memiliki beberapa opsi untuk meletakkan kamera di bawah layar. Ada beberapa gambar paten yang menunjukkan kamera dalam beberapa opsi penggunaan. Lokasinya sedikit berbeda dengan yang diterapkan Oppo. Kalau Oppo akan meletakkan kamera di bagian tengah atas. Huawei justru meletakkannya di bagian kiri atas layar. 

Nantinya lokasi kamera itu juga akan memiliki beberapa fungsi lain. Ketika memasuki mode kamera, tempat itu akan menunjukkan AI Mode. Sementara ketika sedang melakukan panggilan telepon, di area yang sama akan tampak notifikasi panggilan telepon.

Sayangnya hingga saat ini masih belum diketahui apakah paten ini akan digunakan pada produk resmi atau hanya sekadar mengamankan konsepnya agar tidak diambil oleh manufaktur lainnya. Kalau pun benar akan dirilis dalam produk komersial, Huawei belum menyebutkan kapan smartphone berteknologi kamera di bawah layar buatannya akan dirilis.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: