Honor 20 meluncur dengan empat kamera utama

Meski pemerintah Amerika Serikat (AS) melarang perusahaan-perusahaan di negerinya untuk mendukung bisnis Huawei, Honor tetap melangsungkan peluncuran smartphone baru.

Honor 20 meluncur dengan empat kamera utama (Foto: Honor)

Meski pemerintah Amerika Serikat (AS) melarang perusahaan-perusahaan di negerinya untuk mendukung bisnis Huawei, Honor tetap melangsungkan peluncuran smartphone baru sesuai jadwal yang direncanakan. Honor meluncurkan Honor 20 dan Honor 20 Pro di London. Kedua smartphone ini hadir dengan desain baru yang menawan dan mengedepankan fitur fotografi. Berikut spesifikasi Honor 20 dan Honor 20 Pro yang dirangkum Tek.id dari berbagai sumber.

Dari sisi desain, Honor 20 dan Honor 20 Pro memiliki tampilan berponi yang sama seperti Honor View 20. Layarnya membentang 6,26 inci dengan poni yang mengakomodir kamera depan 32MP. Bagian belakang ponsel dilapisi material kaca hingga tiga lapisan. Honor mengatakan mampu menggabungkan tiga lapisan untuk membentuk 3D Triple Mesh dengan menggunakan teknologi yang disebut Honor sebagai teknologi kompresi canggih.


BACA JUGA

Honor konfirmasi Honor 20 punya empat kamera

Begini bocoran skor Geekbench Honor 20

Honor 20 Lite resmi meluncur seharga Rp4 juta


Honor 20 Pro kabarnya hadir dalam balutan warna Phantom Black dan Phantom Blue. Model Pro ini juga akan hadir dengan edisi khusus Moschino Black. Sementara itu Honor 20 akan tersedia dalam warna Sapphire Blue, Midnight Black, dan Icelandic White.

Kamera

Honor 20 Pro memiliki pengaturan quad-camera. Kamera pertama berjenis super-wide 16MP f/2.2. Kamera kedua didukung sensor Sony IMX586 48MP dengan bukaan f/1.4. Kamera ketiganya berjenis telefoto 8MP f/2.4 dan terakhir kamera Makro 2MP f/2.4. Sensor utamanya yang memiliki resolusi 48MP dan lensa telefotonya juga dilengkapi OIS 4-axis. Selain itu, kamera tersebut juga didukung modul laser autofocus untuk fokus yang super cepat.

Kamera super-wide Honor 20 Pro mampu menjangkau sudut pandang hingga 117 derajat. Smartphone ini juga mampu mengakomodir gambar dengan AIS Mode Night untuk menjepret gambar dalam cahaya minim dan angle luas. Lensa telenya menyediakan zoom optik 3x, yang memungkinkan pengguna lebih dekat dengan objek tanpa tanpa kehilangan detil gambar. Zoom digitalnya bahkan mampu didukung hingga 30x.

Kamera Honor 20 sendiri didukung sensor CMOS 1/2-inch yang 25% lebih besar dari pada iPhone XS Max dan Galaxy S10+. Kamera tersebut dikombinasikan dengan aperture f/1.4 dan sensitivitas ISO 204800. Resolusi empat kamera Honor 20 masing-masing mencakup 16MP (Super-wide), 48MP f/1.8, 2MP dan kamera macro 2MP f/2.4.

Performa

Kedua smartphone ini ditenagai oleh Kirin 980. Honor 20 Pro memiliki RAM 8GB dan 256GB penyimpanan internal. Sementara itu Honor 20 didukung RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Baik Honor 20 maupun versi Pro menggunakan sistem software EROFS baru yang disebut mampu meningkatkan kecepatan baca hingga 20% dan mengurangi ukuran sistem ROM hingga 14%.

Mengingat layarnya tak didukung layar Amoled, Honor 20 dan Honor 20 Pro tak mampu mengakomodir pemindai sidik jari di layar. Sebagai gantinya, duo smartphone ini menyediakan pemindai sidik jari di sisi ponsel yang berfungsi ganda sebagai tombol power. 

Honor 20 Pro punya baterai 4.000 mAh, sementara versi reguler 3.750 mAh. Keduanya mendukung fitur SuperCharge 22,5W, yang memungkinkan pengguna mengisi baterai hingga 50% dalam waktu setengah jam. Honor 20 Pro memiliki teknologi Graphene cooling sheet baru dengan peningkatan 27% dalam efisiensi mengatur suhu perangkat. Ada juga GPU Turbo 3.0 untuk bermain gim dengan 60fps di kedua perangkat.

Duo smartphone baru Honor ini tak memiliki jack audi. Namun ponsel ini dilengkapi fitur audio surround 9,1 yang dikatakan berfungsi sama dengan sebagian besar headphone dan earphone. Keduanya menjalankan versi baru Magic UI dengan 57% peningkatan operasi antarmuka.

Honor 20 Pro dijual 599 Euro (Rp9,6 juta) dan Honor 20 499 Euro (Rp8 juta). Sayangnya Honor tak mengungkap kapan smartphone ini tersedia di pasaran.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: