sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 24 Nov 2022 09:05 WIB

Harga iPhone 15 berpotensi melanbung karena TSMC 3nm

TSMC akan memproduksi chipset A17 Bionic yang dikembangkan untuk seri iPhone 15 dengan wafer 3mn yang memiliki biaya produksi lebih mahal dari pendahulunya.

Harga iPhone 15 berpotensi melanbung karena TSMC 3nm

Era chip 3nm resmi dibuka dengan beberapa produsen seperti Samsung dan TSMC dilaporkan telah memulai proses produksi untuk chip dengan teknologi tersebut. Sejalan dengan itu, TSMC diketahui akan mengirimkan chip 3nm ini ke Apple untuk seri iPhone 15 yang akan datang.

Dari segi kinerja dan efisiensi energi, ini merupaan kabar baik bagi calon pengguna iPhone 15. Namun, dampaknya akan memengaruhi harga yang kemungkinan bakal melambung tinggi, karena biaya yang tidak murah. Untuk diketahui, biaya produksi wafer TSMC 3nm berlipat ganda dari produksi 7nm.

Dilansir dari Gizmochina (24/11), TSMC akan memproduksi chipset A17 Bionic yang dikembangkan untuk seri iPhone 15. Pabrik pembuat chip terkemuka di dunia itu menggunakan node proses yang canggih.

Sederhananya, semakin rendah nomor node proses, maka semakin kecil transistor yang digunakan dan memungkinkan lebih banyak transistor di dalam sebuah chip. Dengan demikian, ini akan memberikan performa yang lebih kuat dan hemat energi. 

Ke depannya, baik TSMC dan Samsung berencana untuk menghadirkan chip 2nm pada tahun 2025. Tidak menutup kemungkinan, kita mungkin akan melihat chip 1nm pada  2030. Namun, meskipun perkembangan ini memberi banyak peningkatan, ada biaya yang harus dibayar.

Menurut laporan terbaru, TSMC berencana menjual chip dengan wafer 3nm seharga USD20.000. Sebagai informasi, ketika perusahaan merilis wafer 5nm, terdapat peningkatan harga dari 7nm sebesar 60% atau dari USD10.000/wafer menjadi USD16.000/wafer.

Sepintas, biaya ini tidak masuk akal bagi kita, para pengguna. Tetapi kenaikan harga tidak bisa dihindari dan dengan demikian seri iPhone 15 kemungkinan besar dirilis dengan peningkatan harga yang lebih tinggi dari harapan. 

Share
×
tekid
back to top