sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Rabu, 27 Mar 2024 15:59 WIB

Google Wallet rilis fitur tanpa verifikasi ID untuk membayar transportasi umum

Fitur terbaru dari Google memungkinkan pengguna untuk melewati langkah verifikasi ini khususnya saat membayar bus atau kereta.

Google Wallet rilis fitur tanpa verifikasi ID untuk membayar transportasi umum

Google Wallet kini memungkinkan pengguna untuk menggunakan kartu bank mereka untuk membayar transportasi umum tanpa harus melakukan verifikasi identitas. Dilansir dari Phone Arena (27/3), fitur tanpa verifikasi ID ini, tepatnya untuk penggunaan Metro Bus dan kereta antar kota. 

Biasanya, pengguna harus melakukan verifikasi ID dengan pemindai sidik jari atau dengan memasukkan PIN ketika menggunakan kartu debit atau kredit untuk pembelian apa pun. Namun, fitur terbaru dari Google memungkinkan pengguna untuk melewati langkah verifikasi ini khususnya saat membayar untuk transportasi umum.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengakses "Pengaturan Verifikasi" baru di Google Wallet. Dalam pengaturan ini, pengguna dapat memilih apakah ingin melakukan verifikasi saat menggunakan metode pembayaran untuk transportasi atau tidak. Prosesnya sangat mudah, cukup buka aplikasi Google Wallet, ketuk ikon profil di sudut kanan atas, dan pilih Pengaturan Wallet. Di bawah opsi baru ini, pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan "Verifikasi yang Diperlukan" khusus untuk pembayaran transportasi.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun verifikasi tidak diperlukan untuk pembayaran transportasi, pengguna masih harus melakukan verifikasi identitas saat menggunakan Google Wallet untuk pembelian lainnya. Ini penting untuk menghindari penyalahgunaan jika ponsel pengguna jatuh ke tangan yang salah.

Sebelumnya, Google Wallet telah meluncurkan versi baru pembayarannya di konferensi pengembang tahunan I/O pada bulan Mei tahun lalu. Namun, sayangnya, Indonesia belum masuk dalam daftar 60 negara yang mendapatkan akses ke layanan ini.

Perluasan Google Wallet mencakup sejumlah negara di seluruh dunia, seperti Armenia, Australia, Austria, Azerbaijan, dan masih banyak lagi. Negara-negara yang masuk dalam daftar ini termasuk beragam, mulai dari Eropa hingga Amerika, Asia, dan Australia.

Google Wallet menjadi sebuah solusi pembayaran yang semakin penting di era digital ini, karena memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi secara online maupun offline. Namun, untuk saat ini, pengguna di Indonesia masih harus bersabar sambil menunggu kehadiran Google Wallet di tanah air.

Share
×
tekid
back to top