sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
Senin, 30 Agst 2021 08:54 WIB

Uji ketahanan Galaxy Z Fold3, tidak patah saat ditekuk paksa

Samsung Galaxy Z Fold3 menunjukkan kualitas yang lebih baik setelah melalui beberapa pengujian oleh Youtuber Zack Nelson.

Uji ketahanan Galaxy Z Fold3, tidak patah saat ditekuk paksa
Source: YouTube/JerryRigEverything

Youtuber populer Zack Nelson dari saluran YouTube JerryRigEverything baru saja menguji durabilitas smartphone lipat terbaru dari Samsung, yakni Galaxy Z Fold3. Hasil pengujian tersebut mengklaim, bahwa smartphone Samsung yang dapat dilipat itu memiliki kualitas yang lebih baik.

Galaxy Z Fold3 diumumkan awal bulan Agustus sebagai ponsel lipat generasi ketiga dari Samsung. Menjelang peluncuran dan pengumumannya, perusahaan menggadang-gadang peningkatan signifikan dalam kualitas pembuatan perangkat, seperti bingkai aluminium yang lebih kuat, peringkat tahan air IPX8, Gorilla Glass Vistus, dan layar yang diklaim 80% lebih tahan lama daripada generasi sebelumnya.

Untuk mengetahui apakah klaim ini benar, Nelson, seperti biasa, melakukan uji ketahanan pada Galaxy Z Fold3 melalui beberapa pengujian. Pertama, ia menggores layar penutup dan panel belakang smartphone yang dilindungi Gorilla Glass Victus. Layar dan panel baru menunjukkan goresan pada level 6 skala kekerasan Mohs.

Sementara layar di dalam yang menampung kamera di bawah layar, hanya bisa bertahan hingga level 2. Bahkan kuku yang tidak sengaja mengenai layar saja dapat meninggalkan bekas yang terlihat di permukaan jika diberi tekanan. Namun, beda halnya dengan S Pen Fold Edition. Stylus ini tidak akan meninggalkan bekas permanen di layar meskipun ditekan saat menulis, karena didesain khusus untuk layar smartphone tersebut.

Pengujian juga dilakukan pada bingkai aluminium Armor yang baru. Meskipun catnya dapat terkelupas saat digores dengan pisau, namun bingkai tampaknya dapat bertahan dengan baik apabila dijatuhkan dari ketinggian, seperti dikutip dari Gizmochina (30/8). Sayangnya, pengujian tersebut tidak dilakukan Nelson.

Ketika Galaxy Z Fold3 ditekuk secara tidak wajar seperti yang Nelson lakukan pada Galaxy Z Fold2, smartphone itu tidak bengkok atau patah. Layar bagian dalamnya juga bertahan dari pengujian ini, ketika dalam keadaan tidak terlipat.

Secara keseluruhan, hasil pengujian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan perangkat lipat pertama yang Samsung rilis pada 2019. Dengan demikian, Nelson mengatakan Galaxy Z Fold3 memiliki kualitas pembuatan perangkat yang lebih baik.

Share
×
tekid
back to top