sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
Kamis, 11 Jun 2020 12:03 WIB

Galaxy Fold 2 pakai layar UTG lebih besar dan dukung 120Hz

Galaxy Fold 2 diduga kuat akan memiliki layar lebih besar dari pendahulunya. Tidak hanya itu, seri ini akan menggunakan layar Ultra Thin Glass seperti di Galaxy Z Flip.

Galaxy Fold 2 pakai layar UTG lebih besar dan dukung 120Hz
Source: Zone of Tech

Samsung dipastikan akan meluncurkan Galaxy Note 20 series bersama dengan Galaxy Fold 2 pada Agustus mendatang. Sejauh ini, beberapa rumor sudah muncul terkait smartphone lipat terbaru Samsung ini, mulai dari ukuran layar hingga upgrade yang diberikan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. 

Menariknya, sebuah infografis muncul untuk menunjukkan perubahan-perubahan yang akan dimiliki oleh Galaxy Fold 2. Menurut ET News (11/6), perubahan yang paling kelihatan terdapat di sektor layar. Ya, Galaxy Fold 2 hadir dengan ukuran layar lebih besar dari pendahulunya, baik di layar dalam, maupun di layar luar. 

Galaxy Fold 2 rencananya akan hadir dengan layar dalam berukuran 7,7 inci. Ukuran ini lebih besar 0,4 inci dari generasi sebelumnya. Sementara di bagian luar, terdapat layar dengan ukuran 6,23 inci. Di versi Galaxy Fold sebelumnya, layar luar ini hanya berukuran 4,6 inci. Kabarnya Samsung memberikan ukuran layar lebih besar untuk mengikuti tren layar penuh. 

Layar dalamnya akan mendukung refresh rate 120Hz. Dukungan ini sebelumnya sudah terdapat di Galaxy S20 dan akan kembali hadir di Fold 2. Tidak hanya itu, material layarnya juga sudah berbeda jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. 

Di Galaxy Fold, layarnya menggunakan material bernama PI (polyimide) transparan, yang merupakan plastik khusus. Kala itu PI digadang-gadang menjadi material utama smartphone lipat. Namun di versi terbaru, Samsung memberikan layar Ultra Thin Glass. 

Ultra Thin Glass (UTG) sudah pernah sebelumnya digunakan Samsung pada produk Samsung Galaxy Z Flip. Singkatnya, material ini merupakan kaca yang dibuat setipis mungkin agar dapat dilengkungkan tanpa harus merusaknya. Samsung menyebut ketebalannya hanya 30µm. Hal ini membuat Galaxy Fold 2 menjadi produk kedua yang menggunakan UTG. 

Sementara layar depan nya masih mengandalkan PI, namun dengan ukuran yang lebih besar. Salah satu yang menarik dari layar cover Galaxy Fold 2 adalah kamera depannya hadir dengan konsep punch hole. Dengan begini, Samsung bisa menambahkan ukuran layar di bagian cover menjadi 6,23 inci. 

Untuk diketahui, dalam infografis tersebut, produksi Galaxy Fold 2 diperkirakan akan berjumlah 300.000 unit dalam sebulan. Produk ini ditargetkan akan dapat terjual sebanyak 3 juta unit dalam satu tahun. Angka ini masih jauh di bawah Galaxy S series dan Note Series. Masing-masing memiliki prediksi penjualan sebesar 30 juta dan 10 juta unit. 

Share
back to top