sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 23 Jun 2022 16:09 WIB

Mengenal IPX4 dan cara atasi smartphone yang terendam air

OPPO A16k merupakan smartphone entri Rp2 jutaan yang memiliki daya tahan terhadap air dengan peringkat IPX4. Namun, tidak bukan berarti perangkat ini bisa direndam.

Mengenal IPX4 dan cara atasi smartphone yang terendam air

Siapa yang tidak mau punya smartphone tahan air? Sebab, dengan kemampuan itu Anda tidak perlu lagi khawatir ketika menggunakan smartphone di berbagai kondisi. 

Sebagian besar smartphone flagship saat ini hadir dengan tingkat ketahanan air dan debu tertentu yang disebut "IP rating." Ini merupakan singkatan dari Ingress Protection yang menentukan seberapa baik daya tahan smartphone terhadap kotoran, debu, dan air. 

Namun, IP rating bukan lagi milik smartphone flagship saja. Pasalnya, OPPO juga menyematkan kemampuan ini pada seri smartphone entrinya, yakni OPPO A16k yang hanya dibanderol Rp2 jutaan saja. OPPO A16k hadir dengan sertifikat IPX4. Anda mungkin bertanya-tanya apa arti dari IPX4?

Cara membaca IP rating

Peringkat IP ditulis dengan IPXX, dimana X akan diisi oleh digit angka. Digit X pertama merujuk pada daya tahan smartphone terhadap benda solid, sedangkan X kedua menggambarkan daya tahan terhadap benda cair.

Peringkat IP berkisar dari 0 hingga 8. dan setiap angka memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Semakin tinggi angkanya, maka semakin baik daya tahan smartphone terhadap material dan air. Dalam hal ini, OPPO A16k memiliki IPX4, yang berarti daya tahan smartphone terhadap air berada di peringkat 4.

Dalam tabel sistem peringkat IP, peringkat 4 mampu melindungi smartphone dari cipratan air di segala sisi. Artinya, OPPO A16k masih aman digunakan apabila terkena cipratan air di layar, sisi kiri, kanan, atas, ataupun bawah smartphone. Namun, perlu dicatat, tahan air bukan berarti smartphone yang memiliki IP Rating bisa dipakai untuk memotret di dalam air atau dibawa berenang. Kalian tetap harus memperhatikan sejauh mana perangkat tersebut terlindungi dari air.

Jika perangkat tak sengaja terekspos air dengan jumlah yang berlebihan atau tak sengaja tercemplung air, kalian tidak perlu panik. Ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Jika memungkinkan segera keluarkan cairan dari ponsel Anda. 
  2. Jika ponsel OPPO Anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, matikan ponsel sekaligus dan lepaskan kartu SIM dan SD Anda. Jika ponsel OPPO Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu SD dengan cepat.
  3. Gunakan tisu atau kain lembut untuk menyerap air secara menyeluruh atau cairan di permukaan ponsel Anda, dan dengan lembut goyangkan telepon ke arah yang berlawanan dengan aliran masuk cairan sehingga cairan bisa mengalir keluar.

  4. Jika masih terlihat ada sisa air yang tidak bisa keluar, bawa smartphone Anda ke Service Center OPPO untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Editor
Share
×
tekid
back to top