sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Rabu, 13 Mar 2024 15:03 WIB

Discord buka peluang untuk pengembang membuat game dan aplikasi dalam ruang obrolan

Mulai 18 Maret, semua pengembang Discord akan mendapatkan akses ke SDK Aplikasi Terselip baru yang memungkinkan mereka membangun aplikasi tertanam ini.

Discord buka peluang untuk pengembang membuat game dan aplikasi dalam ruang obrolan

Discord segera memungkinkan para pengembang untuk membangun permainan dan aplikasi baru yang dapat digunakan langsung di dalam aplikasi obrolannya. Sejumlah permainan kecil dan aplikasi telah tersedia bagi pengguna Discord selama beberapa bulan terakhir, tetapi mulai 18 Maret, semua pengembang Discord akan mendapatkan akses ke SDK Aplikasi Terselip baru yang memungkinkan mereka membangun aplikasi tertanam ini.

Dilansir dari The Verge (13/3), Discord telah menggunakan fitur Aktivitasnya untuk mengaktifkan aplikasi seperti YouTube, mempromosikan permainan kecil seperti poker, dan bahkan mendorong pengguna untuk bermain dengan pengalaman papan tulis bersama. Semua aplikasi ini muncul sebagai iframe tersemat di dalam Discord, tetapi mereka telah terbatas hanya untuk pengembang tertentu sejauh ini.

"Ada banyak Pengembang Discord di luar sana yang telah memperhatikan Aktivitas, bertanya-tanya kapan mereka bisa membuat milik mereka sendiri," kata Discord dalam sebuah pos blog. "Mulai 18 Maret, Pengembang Discord akan dapat membangun permainan dan pengalaman baru yang dapat dimainkan langsung di platform dengan SDK Aplikasi Terselip kami yang baru."

SDK ini akan membuka bagian Aktivitas Discord ini untuk banyak pengembang lebih banyak lagi, jadi kita pasti akan melihat lebih banyak permainan kecil yang dapat dimainkan langsung di dalam obrolan Discord. "Kami ingin Discord tumbuh menjadi tempat terbaik bagi para pengembang untuk melakukan segalanya: membangun, berbagi, mendistribusikan, ditemukan, dan memonetisasi karya mereka," kata Discord. "Kami ingin Discord menjadi tempat di mana Aplikasi Anda mendapatkan awalnya, di mana ia menemukan rumahnya dalam komunitas orang di seluruh dunia, dan di mana ia dapat dengan mudah dibagikan antara teman-teman."

Discord juga sedang menguji cara untuk memungkinkan pengguna menambahkan aplikasi ke akun mereka sehingga mereka dapat berkeliaran di seluruh server. Para pengembang akan dapat mengaktifkan aplikasi mereka untuk akun, dan eksperimen ini akan diluncurkan bersamaan dengan SDK aplikasi pada tanggal 18 Maret.

Discord juga membawa kembali presentasi aplikasinya, di mana pengembang dapat menyampaikan gagasan prototipe aplikasi dan mendapatkan hingga $30.000 dalam pendanaan. Tahun lalu, beberapa alat kecerdasan buatan memenangkan sejumlah uang pendanaan, bersamaan dengan aplikasi untuk seniman, aplikasi kamera terumbu karang, dan permainan kecil membangun kota.

Semua peningkatan yang difokuskan pada pengembang ini datang hanya beberapa minggu setelah Discord mengumumkan bahwa mereka akan mem-PHK 17 persen karyawan mereka. Discord mencoba pengalaman pengembang baru untuk meningkatkan pertumbuhan pengguna, termasuk bermitra dengan pengembang game untuk menjual avatar bertema dan efek profil.

Share
×
tekid
back to top