Dalam tiga tahun Sony berhasil jual 4,2 juta PlayStation VR

IDC melaporkan, Oculus Rift dan HTC Vive di kuartal keempat 2018 masing-masing berhasil menjual sekitar 300 ribu dan 230 ribu unit. Sedangkan Sony mengklaim berhasil menjual 463 ribu unit.

Dalam tiga tahun Sony berhasil jual 4,2 juta PlayStation VR PS VR (Engadget)

PlayStation 4 menjadi konsol gim yang paling populer di seluruh dunia saat ini. Dalam laporan terbaru mereka pada awal 2019, mereka mengklaim telah menjual lebih dari 100 juta perangkat dalam kurun waktu kurang dari lima tahun setelah peluncurannya.

Salah satu fitur yang beberapa tahun ini mereka dorong adalah penjualan PlayStation VR. Pada awal peluncuran, beberapa pihak mengatakan bahwa perangkat tersebut tidak akan sukses bersaing dengan beberapa vendor lain.


BACA JUGA

Sony punya paten layar fleksibel yang dilengkapi sensor

Sony punya hub USB tercepat dengan dukungan HDMI untuk kreator

Sony akan buat smartphone dengan layar gulung


Namun, belakangan ini mereka berhasil menunjukkan bahwa hal tersebut tidak benar. Dalam sebuah postingan, Sony mengumumkan bahwa mereka telah menjual lebih dari 4,2 juta sistem PlayStation VR hingga 3 Maret 2019. 

Engadget (27/3) menyebut, hal ini merupakan sebuah tonggak pencapaian baru. Terlebih lagi, headset PS VR ini baru mereka perkenalkan tiga tahun lalu, tepatnya pada 2016 silam. 

Di sisi lain, perusahaan intelijen pasar global IDC memperkirakan pengiriman headset VR pesaing Sony, seperti Oculus Rift dan HTC Vive di kuartal keempat 2018 masing-masing berhasil menjual sekitar 300.000 dan 230.000 unit. Sementara itu, Sony berhasil menjual 463.000 PS VR pada kuartal yang sama.

Ada beberapa faktor yang membuat penjualan PS VR lebih baik. Salah satunya, para gamer hanya harus memiliki PS4 untuk menjalankannya. Sedangkan Rift dan Vive membutuhkan komputer yang kuat untuk menjalankan gim VR.

Selain mengungkap jumlah penjualan PS VR-nya, Sony juga mengumumkan bahwa mereka akan memperbesar dukungan gim VR di platform mereka. 25 judul sudah mereka persiapkan, beberapa diantaranya adalah Blood & Truth, London Heist, Everybody's Golf VR, Five Nights At Freddy's, dan gim lainnya siap untuk dirilis tahun ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: