sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 25 Mar 2022 09:28 WIB

Cicipi langsung kamera Samsung Galaxy S22+, begini hasilnya

Tek.id berkesempatan mencoba langsung kamera Galaxy S22+ 5G dan membuktikan kemampuan Nightograpny-nya.

Cicipi langsung kamera Samsung Galaxy S22+, begini hasilnya

Konten kini telah menjadi makanan sehari-hari masyarakat muda, mulai dari generasi Y hingga Z. Bukan sekadar jepret foto atau video, beberapa melakukannya secara profesional, sehingga menghasilkan nilai tersendiri. Hal ini didorong dengan alat dan perangkat yang semakin memadai dewasa ini.

Dalam hal fotografi misalnya, seseorang tidak perlu lagi menyiapkan kocek besar untuk memiliki kamera DSLR tipe terbaru. Semua fitur kamera profesional sudah dikemas sedemikian epik dalam ponsel pintar, yang bahkan memberikan kemudahan lebih daripada kamera profesional. Inilah yang dilakukan Samsung pada jajaran flagship Galaxy S22 Series 5G.

Seri ini hadir dalam tiga model, yaitu Galaxy S22 5G, Galaxy S22+ 5G, dan Galaxy S22 Ultra 5G yang mengedepankan kemampuan Nightography pada kameranya. Nightography merupakan sebutan Samsung terhadap kemampuan pemotretan atau video malam atau kondisi minim cahaya menggunakan Galaxy S22 Series 5G. Ini berkat teknologi-teknologi yang ditingkatkan, seperti Redesigned AI ISP, piksel yang lebih besar, auto framerate, super night solution, OIS, VDIS, dan masih banyak lagi.

Beruntung, Tek.id berkesempatan mencoba langsung kamera dari salah satu model, yaitu Galaxy S22+ 5G dalam Galaxy S22 & S22+ Media Workshop, Kamis (24/3) petang. Adapun pengujian dilakukan ketika matahari hendak terbenam, agar dapat menangkap warna-warna epik dan membuktikan kemampuan Nightopgraphy-nya. 

Berikut foto pertama yang diambil menggunakan kamera utama wide 50MP Galaxy S22+ 5G. 

Hasil jepretan kamera utama Galaxy S22+ 5G

Tidak sulit menentukan fokus pada kamera ponsel ini. Saya bisa bereksperimen menggunakan foreground untuk mengisi latar depan, agar warna langit yang mulai berganti senja dapat terlihat. Tidak hanya itu, air mancurnya serta gedung di belakangnya dapat terlihat dengan jelas.

Bergeser ke malam hari, Saya memanfaatkan fitur Pro Mode agar bisa mengatur manual ISO, shutter speed, dan white balance-nya, layaknya kamera DSLR. Alhasil, Saya dapat mengabadikan lanskap malam Jakarta dengan deretan gedung-gedung pencakar langit, dibalut kerlap kerlip lampu jalan. Sengaja white balance-nya ditinggikan agar dapat memberi kesan yang sentimental pada foto.

Hasil foto malam menggunakan Pro Mode di Galaxy S22+ 5GKamera Galaxy S22+ 5G bisa jepret warna langit yang indah

Mau yang lebih praktis? Masih ada mode Night yang bisa mengatur cahaya secara otomatis. Mode ini dapat dengan baik meratakan dan memperhalus cahaya. Ini terbukti dengan minimnya flare dari lampu sorot di lapangan softball Gelora Bung Karno. Hasilnya sangat berbeda apabila dibandingkan dengan jepretan tanpa Night mode.

[Kiri] Dengan Night mode, [kanan] tanpa Night mode.Beralih ke kamera depan, Galaxy S22+ 5G dibekali 10MP Selfie Camera yang juga dapat menghasilkan Night Portrait tidak kalah dari kamera belakang. Efek kabur pada latar belakang yang memisahkan dengan objek manusia juga dihasilkan dengan mulus dan warnanya sangat terang meskipun di malam hari. Juga, fokus secara otomatis ditujukan pada wajah yang terdeteksi. 

Ohiya, kamera juga memiliki fitur auto frame, dimana fokus kamera akan mengikuti objek utama dalam frame. Ketika terdeteksi 2 orang atau lebih di dalam frame, maka kamera depan akan otomatis beralih ke wide angle. 

Selfie menjelang malam dan di malam hari menggunakan Galaxy S22+ 5G

Produksi konten tidak lengkap apabila tidak dilengkapi proses editing. Samsung Galaxy S22 Series 5G mencakup itu semua lewat fitur-fitur editing yang dibawa. Dari perangkat sendiri, menawarkan alat yang paling dibutuhkan banyak orang, yaitu object eraser. Ini bisa menghapus objek yang tidak diinginkan dalam foto, termasuk bayangan. Caranya pun mudah hanya dengan memilih opsi tersebut dan perangkat secara otomatis akan menghilangkan objek yang diinginkan.

Foto sebelum bayangan dihapusFoto setelah bayangan dihapusMasih banyak sebenarnya fitur serta kemampuan kamera yang dimiliki Samsung Galaxy S22+ 5G. Namun, beberapa foto di atas sudah dapat mewakilkan seepik apa kamera ponsel ini. Jadi, bagaimana menurut Sahabat Tek? Tulis dikolom komentar ya.

Share
×
tekid
back to top