sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
Selasa, 10 Mar 2020 18:08 WIB

Cara mengatur tampilan Galaxy S20 sesuai gayamu

Android hadir dengan keuntungan bagi pengguna dapat mengatur default sesuai keinginan dan gaya kalian.

Cara mengatur  tampilan Galaxy S20 sesuai gayamu
Source: Business Insider

Smartphone terbaru Samsung Galaxy S20 menyuguhkan layar dengan refresh rate 120Hz pada resolusi Full HD+. Walaupun bukan dikhususkan untuk smartphone gaming, Samsung ingin memberikan tampilan layar yang halus dan tajam kepada pengguna Galaxy S20-nya. Namun, refresh rate 120Hz ini harus diaktifkan terlebih dahulu karena mode default pada layar ponsel ini diatur pada 60 Hz pada resolusi QHD+.

Mode default pada Samsung memungkin pengguna untuk menyesuaikan pengaturan ponsel sesuai yang diinginkan. Nah, inilah salah satu keuntungan menggunakan Android di mana kita dapat mengontrol pengaturan sesuai dengan tampilan yang kita suka dan pengalaman yang ingin kita rasakan.

Selain layar, berikut beberapa pengaturan di Galaxy S20 yang bisa kalian atur.

Resolusi Layar

Pengaturan resolusi

Saat pertama kali menyalakan Galaxy S20, resolusi layar 1080p dengan Full HD. Walaupun besar keinginan untuk merasakan resolusi 1440p WQHD, tapi Business Insider (10/3) menyarankan sebaiknya mode default ini tidak perlu diganti.

Hal ini karena resolusi tinggi cepat menghabiskan baterai, sedangkan perubahan pada layar tidak terlalu besar.

Dukungan Refresh Rate

pengaturan refresh rate

Seperti yang sudah dikatakan di atas, mode default layar ini berada pada 60Hz. Sangat disarankan untuk mengubah layar pada refresh rate 120Hz karena tidak akan terlalu menguras daya baterai.

Untuk mengubah layar dari 60Hz menjadi 120Hz, buka pengaturan> Display > Motion smoothness > pilih High refresh rate (120Hz) > Apply.

Perlu diingat, 120Hz hanya tersedia pada resolusi 1080p FHD. Jadi, jika ingin mengubah mode default ini, jangan ubah mode default pada resolusi layar.

Mode Gelap

Pengaturan mode gelap

Samsung Galaxy S20 juga menyuguhkan mode gelap. Selain baik untuk penglihatan mata di malam hari, mode gelap ini juga dapat menghemat pemakaian baterai.

Untuk mengaktifkan mode gelap ini, kalian hanya perlu menggeser layar notifikasi ke bawah > lalu geser ke bawah lagi > geser ke kiri > dan ketuk pilihan Dark mode.

Sebelumnya, Galaxy A71 dan A50 S juga sudah memiliki fitur ini. Namun, pada Galaxy A50 S namanya bukan Dark mode, melainkan Night mode.

Mode Navigasi

pengaturan navigasi bar

Secara umum, Android meletakkan navigasi barnya di bagian bawah layar, dengan tiga tombol di antaranya tombol multi-task, home, dan kembali . Begitu juga pada Samsung Galaxy S20. Namun, agar layar tidak terlihat penuh dan lebih bersih, kalian dapat menghilangkan tombol ini dan mengubahnya jadi tidak terlihat.

Caranya ada di pengaturan > Display > Navigation bar > dan pilih full screen gestures.

Notifikasi Bar

Untuk beralih ke menu aplikasi, biasanya hanya perlu geser layar home ke bawah. Namun, kalian bisa mengubah fungsi gestur ini agar beralih ke notifikasi bar. Dengan begitu tidak perlu menggapai layar atas untuk membuka notifikasi.

Pergi ke Display yang ada di pengaturan untuk mengaktifkan gestur ini, lalu Home screen > pilih Quick-open notification panel.

App Screen Grid

pengaturan app screen grid

Mode default pada Samsung Galaxy S20 menampilkan grid berukuran besar yang terlihat tidak estetik. Untuk membuatnya terlihat lebih padat, kalian bisa mengecilkan ukuran gridnya. Dengan membuka pengaturan > Display > Home screen > Home screen grid > tap 5×6, atau ukuran yang kalian suka.

Kalian juga bisa melakukan hal yang sama pada Home screen grid.

Tombol Samping

Tampilan tombol samping

Alih-alih menggunakan tombol samping untuk memanggil asisten Bixby, kalian bisa mengatur pintasan untuk beralih ke aplikasi favorit. Begini caranya:

Pengaturan > Advanced Features > Side Key >Settings > Atur apa yang ingin tombol samping kalian lakukan.

Membuat Galaxy S20 lebih cepat

Animasi pada navigasi di sekitar sistem operasi Android dapat membuat kerja perangkat lebih lambat. Namun, pengguna dapat menon-aktifkan animasi ini agar dapat kembali ke layar beranda dan menutup atau membuka aplikasi lebih cepat.

Kalian hanya perlu membuka pengaturan > Advanced features > pilih Reduce animations.

Itu dia tips dan trik untuk mengatur Galaxy S20 kalian lebih terasa nyaman. Selamat mencoba Sahabat Tek.

Share
back to top