sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 31 Okt 2019 21:18 WIB

Cara memotret di kondisi cahaya kurang dengan Oppo Reno2 F

Kamera Oppo Reno2 F yang memiliki empat kamera di belakang, menyimpan kemampuan yang sangat mumpuni untuk mengambil foto, apalagi di kondisi cahaya yang kurang.

Kamera selalu menjadi fitur utama dalam memilih smartphone. Apalagi kini sudah banyak beredar smartphone yang mengusung multi kamera hingga memberikan kombinasi empat kamera di bagian belakang. Seperti Oppo Reno2 F yang menantang kami untuk mencobanya ke kondisi pencahayaan yang kurang. Pasalnya dari kondisi cahaya yang kurang tersebut, kita bisa tahu kualitas kameranya, apakah baik atau kurang.

Perlu Anda ketahui, kelemahan rata-rata smartphone, apalagi smartphone kelas menengah adalah sensor kameranya kurang besar untuk bertahan dalam kondisi pencahayaan yang kurang. Padahal, momen emas dalam fotografi adalah saat menjelang malam atau menjelang pagi.

Pemandangan lingkungan sekitar kita pada jam-jam tersebut paling nyaman di mata. Hanya saja seringkali kamera smartphone gagal merekam momen tersebut dengan baik maupun mendekati kondisi di lapangan.

Menggunakan Oppo Reno2 F, tim tek.id mencoba menangkap suasana lingkungan sekitar, saat waktu subuh. Sejak pukul 04.30 pagi sampai pukul 06.00 tim redaksi tek.id menangkap nuansa pagi di pinggiran Jakarta.

Selain berupa tantangan, karena harus menguji kamera di kondisi minim cahaya, ternyata memotret di pagi hari membawa kesenangan tersendiri. Sudut-sudut yang selama ini kita tidak perhatikan, ternyata di pagi hari menjadi menarik dan terlihat lebih artistik. Sepeti tembok jalan layang yang berhiaskan mural. Di pagi hari jadi lebih artistik saat tertepa penerangan dari lampu jalan raya. Bayangkan saat melewati karya mural ini di sinag yaang terik dan ramai, kemungkinan sulit menemukan sudut keindahannya.

Kemungkinan berkat suasana Jakarta yang baru terbangun, dan aktivitas lalu-lalang di jalan belum sepadat seperti pada di siang hari. Dengan suasana yang lebih lengang, sudut-sudut ruang di Jakarta tampak jadi lebih bagus dan luas di bingkai foto. Meski objek foto hanya dari benda-benda biasa yang sering kita temui di jalan, seperti rambu-rambu lalu-lintas.

Ditunjang dengan kamera smartphone utama beresolusi 48 MP, Oppo Reno2 F memanjakan pengguna dengan fitur Ultra Night Mode versi 2.0. Fitur inilah yang membantu tim tek.id menaklukan kondisi cahaya remang-remangnya pagi hari. Berkat fitur ini, hasil foto pun menjadi lebih terang dan minim noise atau gangguan pada gambar.

Tidak hanya berfungsi pada kamera utama 48 MP, fitur Ultra Night Mode di Reno2 F juga berfungsi pada kamera 8MP yang karakternya bersudut pandang lebar. Memang karena resolusi kameranya yang tidak sebesar kamera utama, mengakibatkan terjadi sedikit perbedaan kualitas hasil gambar. Kendati begitu, kamera 8MP dengan tambahan fitur Ultra Night Mode 2.0 ini berhasil mengkreasi gambar yang lebih lebar dan terang meski kondisi cahaya kurang.

Cara terbaik untuk mendapatkan gambar maksimal saat menggunakan fitur Ultra Night Mode 2.0, yakni dengan menggunakan tripod. Pasalnya, fitur ini membuka eksposur selama empat detik untuk menyerap cahaya lebih lama dari biasanya. Bagi pengguna yang memiliki tangan kurang stabil, ada baiknya menggunakan tripod, meski sebenarnya momen empat detik tersebut masih sanggup dilakukan dengan tangan bebas.

Selain itu, dalam memotret objek dalam keremangan cahaya, upayakan menghindari berhadapan langsung dengan arah sumber cahaya. Biasanya, lampu jalan, lampu sorot, ataupun sumber cahaya alami lainnya akan merusak hasil foto, apabila kita berhadapan langsung.

Cara terbaik dalam memotret saat hanya ada satu sumber cahaya adalah, berada di bawahnya, atau berada di belakangnya. Kendati begitu, cahaya berpendar pada lampu jalanan bisa ditangani dengan baik oleh sensor kamera Oppo Reno2 F.

Objek foto yang cantik saat kondisi cahaya kurang biasanya adalah perubahan warna cakrawala. Untuk menambah kesan artistik, pastikan untuk menambah latar depan pada bidikan foto Anda. Dengan begitu, memberikan kedalaman dalam karya foto yang dihasilkan. Misalnya ingin memotret perubahan langit dari subuh ke pagi, sebaiknya juga harus ada objek gedung tinggi di depan kamera.

Begitu juga saat memotret sunset di pantai, Anda bisa menaruh kerang atau bebatuan di depan kamera agar langit jingga saat sore menjadi latar belakang yang kuat.

Editor
Share
×
tekid
back to top