sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 17 Nov 2022 14:44 WIB

Cara mudah dan nyaman membuat konten video menggunakan smartphone

Memiliki layar Dynamic AMOLED, baterai besar, kamera kece, performa kencang, Samsung Galaxy Z Fold4 5G menjadi smartphone terbaik untuk mengedit video.

Cara mudah dan nyaman membuat konten video menggunakan smartphone

Membuat konten video saat ini menjadi salah satu hal yang dilakukan banyak orang. Hal ini wajar mengingat jumlah pengguna media sosial di Indonesia tercatat terus meningkat setiap tahun.

Namun, mengedit konten video di laptop atau PC kini sudah tak lagi populer. Kini, konten kreator menggunakan smartphone untuk mengedit video karena lebih nyaman dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Salah satu perangkat yang memberikan fleksibilitas dan performa terbaik untuk mengedit video adalah Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan menjelaskan kenapa smartphone ini adalah perangkat terbaik untuk membuat video on the go!

1. Kamera

Untuk memulai membuat konten, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kamera yang dimiliki oleh smartphone. Bukan hanya memiliki kamera yang baik, namun sebuah smartphone harus memiliki fitur kamera yang akan mendukung kreativitas penggunanya.

Nah, Galaxy Z Fold4 5G menawarkan kamera utama 50MP yang ditemani oleh kamera 10MP telephoto dan kamera 12MP ultrawide. Sedangkan kamera depannya menggunakan kamera 10MP sementara kamera layar dalam menggunakan kamera 4MP yang tersembunyi di balik layar.

Untuk kemampuan merekam, Galaxy Z Fold4 5G menawarkan perekaman video di resolusi 8K di 24fps, 4K di 60fps, 1080p di 60/240fps. Bahkan, kamera utamanya sudah mendukung gyro-EIS plus dapat merekam di mode HDR.

Ada juga fitur live bokeh untuk video. Hal ini akan membuat konten kalian menonjol jika dibandingkan dengan pengguna smartphone lainnya dalam merekam video.

2. Flex Mode

Nah saat mengedit video, kita sering kali merasa lelah karena harus memegang perangkat terlalu lama. Tapi, menggunakan fitur Flex Mode di Galaxy Z Fold4 5G, kalian akan dapat dengan nyaman melakukan editing video.

Caranya, kalian tinggal menekuk setengah layar dari perangkat kalian. Lalu, letakkan Galaxy Z Fold4 5G di atas meja, dan kalian dapat mengerjakan editing video dengan nyaman dan tidak membuat cepat lelah.

Sudah gitu, di beberapa aplikasi editing video, dikarenakan layarnya yang lebar kalian dapat memisahkan bagian live editing dengan track video untuk diedit. Jadi, kalian akan dapat dengan nyaman saat melakukan editing.

3. S Pen

Salah satu hal yang paling menyebalkan saat melakukan editing video adalah sering kali kita kesulitan melakukan scrubbing timeline video yang sedang diedit. Soalnya, jari kita terlalu besar untuk aplikasi editing video yang memiliki scrubbing timeline yang kecil.

Untungnya, Galaxy Z Fold4 5G sudah mendukung S Pen. Dikarenakan memiliki ujung yang mungil, S Pen ini akan sangat membantu kita untuk presisi dalam memilih timeline yang kita inginkan.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan S Pen di aplikasi pengolah gambar. Jadi, selain dapat membantu mengedit video, kita juga dapat membuat sebuah gambar yang indah hanya menggunakan smartphone saja.

4. Layar Dynamic AMOLED 2X

Untuk dapat akurat dalam melakukan editing video, layar smartphone harus memiliki panel yang berkualitas. Dan kebetulan, Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan panel Dynamic AMOLED 2X dengan dukungan HDR10+ di layar utamanya.

Ukuran layarnya ada di 7,6 inci yang memiliki resolusi layar 1812 x 2176 pixels dengan kepadatan layar 373 PPI. Kalian juga akan mendapatkan refresh rate 120Hz serta kecerahan layar hingga 1200 nits.

Dengan perpaduan ini, kita dapat melakukan editing dengan sangat mulus dan mendapatkan akurasi warna yang maksimal.

5. Baterai besar, tahan lama

Baterai menjadi salah satu musuh utama bagi para pekerja kreatif yang melakukan editing dengan smartphone mereka. Soalnya, jika saat mengedit video tiba-tiba baterai habis, maka kita akan kehilangan semua proses pengeditan video kita.

Tapi, Galaxy Z Fold4 5G menawarkan kapasitas baterai besar, 4400 mAh. Selama pengujian kami menggunakan PCMark battery test, perangkat ini dapat bertahan selama 12 jam.

Untuk pengalaman penggunaan di dunia nyata, jika digunakan untuk berkomunikasi, bekerja, menonton video, dan berselancar di media sosial, baterainya tidak terlalu boros. Dalam pengujian kami, perangkat ini rata-rata menyisakan baterai 13 persen pada jam 4 sore semenjak digunakan dari jam 9 pagi.

Dan saat kami gunakan perangkat ini untuk mengambil foto dan video serta untuk editing dan rendering video, kami bisa menggunakannya selama 5 jam tanpa berhenti. Jadi, kalian tidak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah-tengah mengedit video.

6. Performa Terbaik

Selain layarnya yang lebar,. Galaxy Z Fold4 5G ini juga hadir dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Samsung menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang ditemani dengan RAM 12GB. Penyimpanannya pun sangat luas dengan pilihan hingga 1TB.

Prosesor kencang dan RAM besar juga membuat kami dapat mengedit video hingga di resolusi 8K tanpa ada masalah. Proses rendering juga dapat dilakukan sangat cepat. Sementara penyimpanan besar membuat kami tak khawatir saat harus menyimpan ratusan video sekaligus.

Bagi kalian yang ingin membeli Galaxy Z Fold4 5G, Samsung menawarkan harga yang sangat menarik. Samsung menawarkan perangkat ini dengan harga mulai dari Rp24.999.000 untuk varian RAM 12GB dan memori internal 256GB, Rp26.999.000 untuk varian RAM 12GB dan memori internal 256GB serta Rp30.999.000 untuk varian tertinggi RAM 12GB dan memori internal 1TB.

Editor
Share
×
tekid
back to top