sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 08 Sep 2022 06:38 WIB

Begini cara hubungkan iPhone 14 dengan koneksi satelit

Layanan yang disebut Emergency SOS via Satellite ini memungkinkan iPhone 14 mengirim pesan darurat tanpa menggunakan sinyal seluler. 

Begini cara hubungkan iPhone 14 dengan koneksi satelit

Apple akhirnya melebarkan sayapnya ke luar angkasa melalui iPhone 14 - secara harfiah - karena dapat terhubung dengan satelit yang berada jauh di atas bumi. Layanan yang disebut Emergency SOS via Satellite ini memungkinkan ponsel mengirim pesan darurat tanpa menggunakan sinyal seluler. 

Untuk dapat terhubung dengan satelit, diperlukan antena yang besar, yang biasa ditemukan pada telepon satelit. Sebagai gantinya, Apple merekayasa antena yang terpasang pada bodi agar dapat langsung mengirim dan menerima data ke satelit yang mengorbit.

Namun karena antena yang terbatas, pengguna harus mengarahkan iPhone 14 langsung ke satelit, seperti yang dilakukan saat mencari sinyal. Setelah terhubung dengan satelit, pengguna tidak boleh berpindah tempat agar pesan dapat dikirim dan diterima. 

Dalam hal ini, Apple merancang sebuah aplikasi yang menunjukkan pengguna ke mana mereka harus mengarahkan perangkat agar bisa mendapatkan koneksi satelit. 

Selama presentasi dalam acara Apple Far Out dini hari ini (8/9), perusahaan menjelaskan diperlukan waktu sekitar 15 detik agar pesan dapat dikirim. Pengguna juga harus berada di tempat terbuka yang tidak terhalang apapun ke langit. Pepohonan dan medan lainnya yang menghalangi dapat memperlambat proses pengiriman data.

Tantangan lain dalam berkomunikasi menggunakan koneksi satelit adalah bandwidth yang rendah. Untuk itu, Apple mengompresi data yang dikirim dengan menghadirkan algoritma khusus untuk mengkompresi teks pendek. 

Apple juga bekerja sama dengan pakar darurat untuk menemukan pertanyaan paling umum yang diajukan oleh layanan darurat, dan memberi pengguna cara mudah yang sederhana untuk merespons.

Pesan darurat kemudian akan dikirim ke layanan darurat. Namun, jika layanan tersebut tidak menerima pesan teks, melainkan panggilan suara, maka pesan akan dikirim melalui stasiun relai yang telah disiapkan Apple yang dikelola oleh spesialis terlatih yang akan menghubungi penyedia layanan darurat.

Terkait ketersediaannya, Emergency SOS via Satellite akan diluncurkan lebih dulu di wilayah AS dan Kanada pada November. Dukungan ini gratis dan dapat digunakan oleh seluruh pengguna iPhone 14.

Share
×
tekid
back to top