Bukan Samsung, ini smartphone lipat pertama yang meluncur

Beberapa vendor smartphone berkompetisi untuk menjadi yang pertama dalam menghadirkan smartphone lipat. Huawei dan Samsung bahkan bersaing ketat untuk mendapatkan gelar pertama.

Bukan Samsung, ini smartphone lipat pertama yang meluncur (Foto: Weibo)

Beberapa vendor smartphone berkompetisi untuk menjadi yang pertama dalam menghadirkan smartphone lipat. Huawei dan Samsung bahkan bersaing ketat untuk mendapatkan gelar pertama vendor yang merilis smartphone berlayar lipat. Namun rupanya kedua vendor ternama itu kalah start oleh perusahaan Rouyu Technology atau juga disebut Royole.

Rouyu telah mengumumkan smartphone lipat buatannya yang disebut FlexPai. Mengacu dari laman ITHome, smartphone lipat itu menawarkan layar 7,8 inci dengan bodi tipis berdimensi 7,6mm. Situs itu menambahkan bahwa perangkat ini dilengkapi lensa ganda berjenis telephoto 16MP + 20MP. Selain itu, baterainya juga bisa diisi ulang dengan cepat yaitu mencapai 80 persen ketika diisi ulang dalam 60 menit.


BACA JUGA

Huawei sesumbar bakal kalahkan Samsung dalam waktu dekat

Sharp R2 Compact punya dua notch

Pasar ponsel di China turun 15 persen


Dilansir Android Authority (1/11), Rouyu merupakan produsen display yang mengkhususkan diri pada display fleksibel. Sebelumnya perusahaan merilis mobile theater 3D lipat, dahsboard mobil yang melengkung dan berbagai sensor fleksibel.

Menurut buzzer pembocor ternama Ice Universe, FlexPai kemungkinan menggunakan chipset Snapdragon 8150 atau dikenal Snapdragon 855. Chipset itu memang belum diumumkan. Kendati begitu, besar kemungkinan akan segera dirilis menyusul smartphone lipat ini yang bakal dijual ke pasaran.

Sekilas smartphone lipat itu memang tampak menarik. Namun sebagaimana disebutkan Ice Universe, smartphone layar lipat tersebut memiliki desain yang masih kasar atau belum sempurna untuk dirilis ke pasaran. 

Sebagai gambaran, pengguna bisa memilih mode layar ganda dimana smartphone itu akan menunjukkan tampilan yang berbeda. Pengguna juga bisa membentangkan layar untuk mendapati tampilan yang lebih luas. 

Pada dasarnya perangkat itu tampak seperti tablet yang bisa dilipat, bukan smartphone berlayar lipat. Pasalnya ukurannya masih terlalu besar untuk disimpan di saku pengguna. Situs ITHome menunjukkan FlexPai akan dijual mulai CNY8.999 (Rp19,5 juta) untuk model 6GB/128GB. Smartphone lipat ini juga akan tersedia dalam varian RAM 8GB/256GB dan 8GB/512GB.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: