sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
Kamis, 11 Jun 2020 10:31 WIB

Bukan Apple Watch, ternyata ini smartwatch pertama di dunia

Seiko meluncurkan komputer berbentuk jam atau sekarang disebut sebagai smartwatch pertama mereka bernama Ruputer pada 1998 lalu. Mereka punya masalah yang sama dengan smartwatch saat ini, yaitu baterai yang boros.

Bukan Apple Watch, ternyata ini smartwatch pertama di dunia
Seiko Ruputer

Tepat pada 10 Juni 1998 lalu, Seiko membuat para penggemar teknologi di seluruh dunia terkejut dengan meluncurkan sebuah komputer berbentuk jam bernama Ruputer. Saat ini, perangkat tersebut memiliki istilah keren tersendiri, yakni smartwatch.

Ruputer memiliki bentuk yang sangat umum pada masanya, yakni berbentuk kotak. Namun, yang membuatnya menonjol adalah jam tangan ini memiliki prosesor 16-bit 3,6 MHz dengan penyimpanan 512 KB non-volatile (termasuk RAM sebesar 128 KB) dengan opsi penyimpanan hingga 2 MB atau 4 MB.

Pengguna akan dihadapkan kepada sebuah layar LED 102x64 piksel monokromatik. Untuk menavigasi OS W-PS-DOS v 1.16, pengguna diberi sebuah joystick 8 arah serta 6 tombol data, yang berada di samping perangkat.

Para pengguna pun dapat melakukan kustomisasi terhadap perangkat Seiko Ruputer mereka dengan cukup bebas. Namun, mereka harus mengerti konsep bahasa pemrograman C untuk melakukan hal tersebut.

Meski tua, fungsi dasar dari smartwatch ini bisa dibilang lebih canggih dari smartwatch yang ada saat ini. Ruputer tidak perlu terhubung ke perangkat apapun untuk membuat pengingat, memo, dan bahkan menggunakan kalkulator atau bermain gim sekalipun.

 

 

Perangkat ini ditenagai oleh dua baterai baterai arloji CR2025 standar. Dua baterai ini dapat membuat Ruputer bertahan hingga 3 bulan, jika kalian mengaktifkan mode irit daya. Jika kalian menggunakan perangkat ini secara intensif, maka perangkat ini hanya bertahan 30 jam.

Hal ini mengingatkan kita terhadap smartwatch yang ada pada saat ini. Jika kita hanya menggunakannya untuk melihat jam saja, maka perangkat tersebut bisa bertahan cukup lama. Namun, jika dipakai secara intensif, biasanya hanya akan bertahan selama 6 hingga 7 jam saja.

Meski demikian, kita harus mengakui perkembangan teknologi pada saat ini sudah sangatlah maju. Dan mungkin saja, dalam waktu dekat ini, kita akan mendapatkan sebuah perangkat smartwatch yang semakin pintar dan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Share
back to top