sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Jumat, 26 Jan 2024 13:05 WIB

Samsung bongkar keunggulan prosesor Exynos 2400 di Galaxy S24 series

Prosesor Exynos 2400 yang disematkan pada smartphone Samsung Galaxy S24 series ternyata memiliki sejumlah keunggulan menarik, salah satunya yaitu dapat mengoptimalisasi fitur AI di dalamnya.

Samsung bongkar keunggulan prosesor Exynos 2400 di Galaxy S24 series
Sumber: Samsung

Samsung baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya yakni Galaxy S24 dan Galaxy S24+ pada 18 Januari 2024 lalu dan kini mulai banyak yang penasaran dengan prosesor canggih yang dibawanya. Adalah Exynos 2400 yang diklaim memiliki kapasitas untuk menunjang sejumlah fitur Artificial Intelligence (AI) di dalam perangkat tersebut.

Merujuk siaran pers (26/1), Samsung memang sedang gencar memperkenalkan konsep smartphone berbasis AI melalui fitur Galaxy AI. Maka dari itu, Exynos 2400 sengaja dibuat untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan ini dibenarkan oleh MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus.

"Sebagai pemimpin pasar di industri teknologi, Samsung tidak hanya berfokus pada peningkatan hardware, Tahun ini kami menghadirkan Exynos 2400 dengan teknologi fabrikasi 4nm terkini yang mampu meningkatkan kinerja CPU hingga 1,7 kali dibandingkan generasi sebelumnya," ungkap Verry. "Exynos 2400 ini mampu mendefisinikan ulang pengalaman mobile gaming dan content creation serta memungkinkan penggunaan on-device mobile AI dengan peningkatan processing hingga 14,7 kali," tambahnya.

Samsung Galaxy S24 series dengan dapur pacu menggunakan prosesor Exynos 2400 sudah teruji mampu meningkatkan performa sekaligus efisiensi baterai. Dengan begitu soal kebutuhan gaming, smartphone ini merupakan pilihan yang tepat bagi para konsumen.

Dengan dukungan prosesor ini pula beberapa fitur lainnya seperti Fan-out Wafer Level Package (FOWLP) bisa terapkan dengan baik ke perangkat tersebut. Hasilnya, Samsung Galaxy S24 series tidak akan mudah cepat panas walau digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Exynos 2400 juga mampu mendukung performa grafis yang sangat bagus, itu lantaran sudah menggunakan Samsung Xclipse 940 GPU yang dibuat dengan arsitektur AMD RDNA 3 terbaru. Dengan begitu hasil tampilan yang dapat dilihat oleh pengguna sangat optimal walau sedang menjalankan game dengan kebutuhan grafis tinggi sekalipun.

Berbeda dengan prosesor pada umumnya, Exynos 2400 karena sudah bisa mendukung fitur AI maka sudah pasti ada kehadiran Neural Processing Unit (NPU) di dalamnya. Berkat itu maka prosesor ini bisa menghasilkan peningkatan kerja AI mencapai 14,7 kali dibanding generasi sebelumnya.

Tidak hanya soal dapur tenaga, kehadiran prosesor baru ini juga bisa mendukung peningkatan dari segi kamera hingga beragam fitur lainnya. Misalnya ada Live TranslateChat Note Assist hingga Circle to Search with Google, yang mana semua fitur ini telah tersedia di perangkat Galaxy S24 series.  

Share
×
tekid
back to top