sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Senin, 27 Feb 2023 13:47 WIB

Begini tampilan smartphone gulung Motorola di MWC 2023

Prototipe smartphone gulung Motorola dapat berubah dari layar ponsel berukuran 5 inci menjadi 6,5 inci. 

Begini tampilan smartphone gulung Motorola di MWC 2023
Source: Unsplash/Alp Duran

Sebelum memasuki acara puncak Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Lenovo mengadakan konferensi pers yang memamerkan dua purwarupa layar gulung kepada media. Purwarupa ini terdiri dari laptop Lenovo dan smartphone Android di bawah merek Motorola, yang keduanya memiliki layar dapat digulung.

Berdasarkan laporan BGR yang menghadiri sesi singkat hands-on prototipe Lenovo (27/2), kedua perangkat masih jauh dari kata sempurna dan masih membutuhkan lebih banyak pengembangan sebelum tersedia secara komersial.  

Untuk laptop, perusahaan memberi penjagaan lebih ketat karena tidak diizinkan untuk dipegang. Sementara untuk smartphone-nya, lebih fleksibel untuk coba layar gulungnya. Ini dapat berubah dari layar ponsel berukuran 5 inci menjadi 6,5 inci. 

Layar gulung smartphone Motorola yang belum memiliki nama panggung ini cukup menarik. Ketika ponsel berukuran 5 inci, layar akan digulung ke belakang dengan menghadap keluar. Jadi, layar ini tetap berfungsi sebagaimana cover screen di smartphone lipat gaya clamshell. 

Bagian belakang ponsel gulung Motorola. Source: BGR

Layar menggunakan panel OLED tanpa punch hole untuk kamera depan. Sebab, pengguna dapat selfie menggunakan kamera dua kamera belakangnya ketika ponsel dalam posisi digulung. Namun ketika gulungannya dibuka, ini akan berubah ke ukuran dan bentuk smartphone pada umumnya. 

Animasi pada wallpaper akan menyesuaikan layar ketika digulung dan tidak. Kemungkinan, widget juga akan mendukung fungsi serupa. Sementara untuk menggulung layar perlu menekan layar yang disediakan. Selain menggunakan tombol, ponsel juga bisa secara otomatis membuka gulungannya dalam kondisi tertentu. 

Misalnya, saat memulai video YouTube dengan mode lanskap. Ponsel akan mengetahui gerakan ini dan secara otomatis layar diperluas. Lebih banyak aplikasi juga seharusnya akan mendukung fitur tersebut setelah debut secara komersial. 

Motorola juga merancang sistem keamanan layar di mana secara otomatis akan menarik kembali layar jika terdeteksi jatuh. Semoga cara ini dapat mencegah kerusakan yang tidak disengaja pada unit layarnya yang sangat tipis.

Source: BGR

Share
×
tekid
back to top