Computex 2019

Asus luncurkan ZenBook Pro Duo, laptop berlayar ganda

Ada banyak kejutan yang dibawa Asus ke ajang Computex 2019. Kali ini mereka mengeluarkan Zenbook Prod Duo, perangkat ScreenPad Plus pertama di dunia.

Meramaikan ulang tahunnya yang ke-30, Asus meluncurkan ZenBook Pro Duo di ajang Computex 2019. Perangkat ini merupakan laptop pertama di dunia yang dilengkapi ScreenPad Plus revolusioner. Teknologi ini merupakan layar sentuh kedua dengan fungsionalitas lebih, yang mampu memberikan pengalaman dan interaksi lebih baik.

Asus Zenbook Pro Duo layar kedua yang fungsional


BACA JUGA

Asus punya Zephyrus G GA502, seri Zephyrus termurah saat ini

Asus hancurkan pasar laptop gaming dengan laptop gaming seharga Rp10 jutaan

Asus luncurkan kembaran VivoBook Ultra A412, pakai prosesor AMD


SceenPad Plus memungkinkan pengguna dan kreator untuk bekerja simultan (multitasking), sebagaimana menggunakan layar ganda dalam satu laptop. Layar ini juga telah terintegrasi dengan software ScreenXpret yang hadir dengan beragam aplikasi dan fitur khusus, guna memperkaya pengalaman pengguna.

Menyasar kalangan profesional kreatif, ZenBook Pro Duo hadir dengan spesifikasi mumpuni. Dapur pacunya ditopang dengan prosesor Intel Core generasi ke-9. Varian tertinggi laptop ini ditenagai prosesor Intel Core i9 generasi ke-9 yang dilengkapi Turbo Boost hingga 5GHz. Dari sisi grafis, laptop ini memiliki chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 yang menggunakan arsitektur Turing terbaru dan mendukung fitur grafis real-time ray tracing.

Asus Zenbook Pro Duo dengan layar kedua menjalankan software

Penyimpanannya juga didukung dengan PCIe SSD 3.0 x4 disertai kapasitas hingga 1TB. RAM-nya punya kapasitas 32GB. Dukungan lainnya yang melengkapi laptop ini yaitu Wi Fi 6 serta Thunderbolt 3.

Tampilan ZenBook Pro Duo didukung layar sentuh berjenis OLED dan resolusi 4K. Layar ScreenPad Plus juga mendukung resolusi 4K yang bisa difungsikan sebagai touchpad. Laptop ini terbilang kekinian dengan bezel tipis berkat teknologi NanoEdge Display.

Layar sentuh keduanya memiliki rasio aspek 32:9 dan mengambil posisi di atas keyboard. Konfigurasi ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lebih natural, serta memberikan pengalaman visual yang lebih luas tanpa mengorbankan ukuran laptop secara keseluruhan.

Menggunakan software ScreenXpert, pengguna juga bisa mengontrol konten yang ingin ditampilkan di ScreenPad Plus. Fitur kontrol seperti App Switcher, ViewMax dan App Navigator membuat pengguna leluasa mengatur tampilan di ScreenPad Plus. Pengguna pun bisa mengunci tampilan di layar kedua, tanpa mengganggu layar utama.

ScreenPad Plus pun didukung fitur Adaptive Display yang memungkinkan aplikasi untuk menghadirkan antarmuka ekstra di ScreenPad Plus. Pengembang software bisa memanfaatkan API yang sudah disediakan Asus untuk menghadirkan integrasi aplikasinya dengan ScreenPad Plus.

Untuk saat ini, Asus tengah bekerjasama dengan berbagai pengembang software, termasuk Corel, untuk meningkatkan produktivitas pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut. Meski demikian, semua aplikasi yang berjalan di Windows 10 tetap dapat terintegrasi dengan sejumlah fitur yang ada di ScreenPad Plus.

Stylus khusus juga dirancang untuk ZenBook Pro. Selain stylus bawaannya, pengguna juga bisa menggunakan stylus lain yang kompatibel dengan Windows 10. Tak ketinggalan, kamera yang ada di laptop ini juga sudah mendukung Windows Halo.

Asus memberikan opsi lain yakni ZenBook Duo yang bertujuan bagi kreator yang menginginkan laptop serupa namun lebih ringkas. Laptop seri ini hadir dengan spesifikasi yang serupa, namun dirancang dengan layar Full HD 14 inci. Dapur pacunya ditenagai prosesor Intel Core i7 dan chip grafis NVIDIA GeForce MX250, serta layarnya mengusung resolusi Full HD.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: