Apple Watch siap bawa fitur pelacak kualitas tidur

Meski pengguna bisa mengaktifkan pelacak tidur melalui aplikasi pihak ketiga, fitur baru Apple Watch akan menggabungkan sejumlah faktor.

Apple Watch siap bawa fitur pelacak kualitas tidur (Foto: Pressform)

Apple akan menambahkan dukungan pelacak kualitas tidur ke Apple Watch. Dukungan ini bahkan akan segera dirilis pekan depan, sebagaimana dilansir 9to5Mac (4/9). Sejak Apple mengakuisisi Beddit, perusahaan pelacak kualitas tidur, banyak spekulasi bermunculan, terutama karena hal tersebut merupakan bidang dimana Apple Watch tertinggal dari kompetitor seperti Fitbit.

Meski pengguna bisa mengaktifkan pelacak tidur melalui aplikasi pihak ketiga seperti AutoSleep Tracker, fitur baru Apple Watch yang memiliki kode nama Burito akan menggabungkan sejumlah faktor seperti gerakan, detak jantung, dan suara guna memberikan penilaian kualitas tidur yang lebih akurat.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple bakal hadirkan beragam emoji terbaru

Pengiriman Mac di seluruh dunia turun pada Q3 2019

Apple Card belum seaman yang dibanggakan Apple


Di Apple Watch, fitur ini akan disebut "Time in Bed tracking" dan memungkinkan pengguna menggunakan beberapa jam pintar serta menetapkan satu perangkat sebagai yang utama untuk mengatur fitur itu. Data kualitas tidur pengguna akan tersedia di aplikasi Health serta aplikasi baru bertajuk Sleep. Aplikasi ini ditujukan dan disesuaikan untuk melihat statistik tidur pengguna dalam waktu yang cepat.

Aplikasi ini pun akan mengingatkan pengguna untuk mengisi daya perangkat sebelum tidur, sebagai upaya memastikan perangkat mampu bertahan sepanjang malam. Apple juga akan menambahkan beberapa fitur pelengkap seperti menghentikan alarm jika pengguna sudah bangun, serta memberikan opsi untuk membangunkan pengguna dengan menggetarkan Apple Watch.

Fitur ini kabarnya tak memerlukan hardware tambahan khusus seperti pada Watch Series 4. Namun tentu saja kita harus menunggu pengumuman resmi dari Apple.

Fitur pelacak kualitas tidur ini kemungkinan akan mempengaruhi daya tahan baterai Apple Watch. Padahal Apple Watch yang saat ini sudah tersedia saja baterainya tak begitu tahan lama. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: