Apple tidak akan hadirkan TouchID lagi di iPhone terbaru

Analis mengatakan Apple kemungkinan besar tidak akan menghadirkan teknologi TouchID lagi di jajaran iPhone terbaru

Apple tidak akan hadirkan TouchID lagi di iPhone terbaru

Semenjak memulai pengembangan iPhone terbaru, Apple diharapkan untuk membenamkan Touch ID di dalam layar perangkat tersebut. Namun, permintaan ini semakin memudar setelah respon masyarakat yang baik terhadap pengganti teknologi tersebut, yakni Face ID.

Menurut penelitian yang dilakukan analis KGI, Ming-Chi Kuo, kesempatan Apple untuk kembali menanamkan Touch ID bawah layar di perangkat mereka sangat kecil. Dia menyebut jika teknologi pemindai sidik jari bawah layar akan menjadi tren di produk Android.

Kuo berpendapat bahwa fingerprint on display, atau FOD akan berkembang hingga 500 persen pada 2019. Namun, semua pergerakan ini akan dilakukan para produsen ponsel Android saja. Apple akan tetap dengan pendirian mereka dengan penggunaan Face ID.

Selain itu, Kuo juga menjelaskan jika rumor mengenai pengembangan Touch ID bawah layar yang akan meluncur untuk iPhone XS juga telah ditepis, seperti yang ddilaporkan oleh 9to5Mac, Rabu (5/9/2018).

Alasannya pun simpel. Kuo berpendapat bahwa teknologi pengenalan wajah Apple sebagai solusi keamanan biometrik telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Bahkan, dia dengan yakni menyebut jika Apple membiarkan produsen Android sebagai ‘kelinci percobaan’ teknologi FOD.

Dalam analisanya, Kuo mengatakan peneliti menyoroti penginderaan layar penuh sebagai tahap terakhir dalam pengadopsian FOD, yang diperkirakan akan dilakukan tahun depan. Hal ini akan menjadi tonggak terdepan dari kemajuan dari FOD, dimana pengguna dapat menggunakan seluruh layar sebagai sensor.

Meski Apple tidak akan mengadopsi teknologi ini, tetapi Kuo memprediksi bahwa Samsung akan mengadopsi teknologi pemindai sidik jari bawah layar pada flagship terbaru mereka, seperti Galaxy S10 mereka yang rencananya akan diluncurkan pada Q1 2019 mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: