Apple punya paten agar keyboard virtual terasa seperti keyboard fisik

Setiap tombol akan memancarkan muatan listrik dan getarannya sendiri, sistem ini akan menjadi lebih kuat ketika kamu menggerakan jari lebih dekat ke tepi tombol.

Apple punya paten agar keyboard virtual terasa seperti keyboard fisik Source: Apple via Engadget

Pada tahun 2007, Apple mengenalkan iPhone pertama yang memiliki desain bagian depan layar keseluruhan tanpa keyboard fisik. Semenjak sat itu, orang-orang menjadi terbiasa untuk mengetik menggunakan keyboard virtual. Tampaknya perusahaan tersebut sedang memikirkan cara lagi demi pengalaman mengetik di layar akan terasa lebih baik.

Dilansir dari Engadget (3/10), Apple memiliki paten yang memungkinkan keyboard virtual lebih terasa seperti menggunakan keyboard fisik.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple iOS 13 mengirimkan beberapa data ke Tencent

Analis perkirakan iPhone SE 2 akan dibanderol USD399 (Rp5,6 jutaan)

Modem 5G Apple akan hadir pada 2022


Dengan demikian, Apple memiliki ide untuk menggunakan kombinasi motor haptic serta aliran listrik elektrostatik agar dapat menjadikan keyboard virtual versi baru memiliki pengalaman mengetik menggunakan keyboard sesungguhnya.

Setiap tombol akan memancarkan muatan listrik dan getarannya sendiri, sistem ini akan menjadi lebih kuat ketika kamu menggerakan jari lebih dekat ke tepi tombol. Hal yang menjadikan keyboard terasa seperti mekanis adalah jari-jari pengguna akan terkena haptic dan elektrostatis, serta menciptakan sensasi gesekan dan tekstur. Apple mengklaim keyboard ini akan memungkinkan pengguna merasakan pula ukuran bentuk setiap tombol keyboard.

Satu hal yang menjadikan paten ini lebih masuk akal daripada yang biasa kita lihat adalah bahwa perusahaan tersebut tidak asing dengan menghilangkan tombol fisik dari perangkatnya. Misalnya iPhone, sebelum Apple menyingkirkan tombol Home secara keseluruhan mulai dari iPhone X, perusahaan ini mengganti tombol Home fisik iPhone 7 dengan tombol sensitif sentuhan. Tetapi mungkin kita masih memerlukan bertahun-tahun lagi untuk melihat MacBook dengan tombol sentuh tanpa keyboard fisik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: