sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 19 Jan 2021 09:09 WIB

Apple peringatkan pengguna jika modul kamera iPhone palsu

Pembaruan beta pada iOS 14.4 menampilkan fitur yang dapat memperingatkan pengguna apabila menggunakan modul kamera yang palsu.

Apple peringatkan pengguna jika modul kamera iPhone palsu

Salah satu alasan mengapa melakukan perbaikan di service center resmi Apple sangat mahal adalah suku cadang yang digunakan, asli. Artinya, perangkat Anda yang sedang diperbaiki dapat terjamin keasliannya meski ada bagian-bagian yang harus diganti. Ini berlawanan dengan melakukan perbaikan di tempat tidak resmi yang biasanya lebih terjangkau, tetapi keaslian suku cadangnya tidak dapat dipastikan.

Meski tidak masalah bagi beberapa pengguna, namun kini Apple ingin penggunanya tahu apabila perangkat mereka memiliki hardware yang palsu setelah melakukan perbaikan. Kemampuan tersebut hadir pada pembaruan iOS 14.4. Software akan memperingatkan pengguna apabila modul kameranya tidak asli.

Fitur seperti ini sebenarnya sudah ada di iPhone 11 di mana pengguna akan diperingatkan apabila memiliki layar replika. Kemudian, diperluas ke baterai internal pihak ketiga. Dan kini, makin melebar ke modul kamera. Diungkapkan oleh MacRumors melalui 9to5Mac (19/1), fitur tersebut terlihat pada rilis kedua dari beta iOS 14.4.

“Tidak dapat memverifikasi bahwa iPhone ini memiliki kamera Apple asli,” demikian isi peringatan tersebut.

Peringatan ini tidak akan mencegah pengguna untuk menggunakan perangkat atau kamera mereka, tetapi ini hanya sebagai pengingat apabila penggunanya tidak dapat membedakan mana yang palsu dan bukan.

Pengguna dapat mengatur peringatan tersebut lewat menu pengaturan iOS, seperti pada fitur peringatan layar dan baterai yang palsu. Peringatan juga tidak akan memengaruhi cara kerja kamera. Tetapi perlu dicatat, komponen kamera yang palsu, tidak memiliki kualtas sama dengan perangkat keras Apple yang asli.

Dengan adanya fitur peringatan perangkat palsu, Apple tentu saja merekomendasikan para pelanggannya untuk melakukan perbaikan bersertifikat di Apple Store or Apple Authorized Service Provider (AASP).

Share
×
tekid
back to top