sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 26 Okt 2022 17:20 WIB

Apple konfirmasi iPhone bakal pakai USB tipe-C

Greg Joswiak, wakil presiden senior pemasaran Apple mengatakan dalam wawancara dengan Wall Street Journal bahwa perusahaan harus mematuhi peraturan.

Apple konfirmasi iPhone bakal pakai USB tipe-C
Source: Tek.id

Undang-undang baru UE telah mengharuskan USB tipe C menjadi standar pengisian daya umum, mendorong Apple untuk mengubah seluruh lini produknya agar mendukung port tersebut. Baru-baru ini, pihak Apple akhirnya mengonfirmasi akan mengubah pengisi daya Lightning ke USB-C untuk iPhone masa depan.

Greg Joswiak, wakil presiden senior pemasaran Apple mengatakan dalam wawancara dengan Wall Street Journal bahwa perusahaannya harus mematuhi peraturan. Namun, Joswiak tidak mengatakan secara pasti kapan perubahan itu akan terjadi.

"Jelas, kita harus mematuhi," ujar Joswiak.

Untuk diketahui, undang-undang terkait USB-C ini baru akan berlaku mulai 2024. Dengan demikian, port Lightning kemungkinan masih akan digunakan hingga era iPhone 15. Baru setelah itu, Apple akan mengganti seluruh seri iPhone baru dengan tipe C.

Atau, mungkin juga Apple melakukan perubahan dari sebelum peraturan berlaku. Sebab menurut bocoran yang beredar belakangan ini, iPhone 15 akan mendukung pengisian daya menggunakan kabel USB-C. Joswiak juga tidak mengungkapkan apakah perubahan ini akan berlaku secara global atau hanya di Eropa. 

Dia mencatat, peralihan iPhone ke USB-C bukan hal terbaik bagi sebagian besar pelanggan. Ini juga akan menciptakan banyak limbah elektronik dari miliaran kabel Lightning di seluruh dunia yang tidak dapat lagi terpakai. 

Meski masuk akal, tetapi tetap saja Lightning tampaknya akan terlupakan. Sebab, ada banyak kemungkinan lain untuk meninggalkan Lightning, seperti semakin populernya pengisi daya nirkabel.

Share
×
tekid
back to top