Apple kenalkan 3 iPhone baru

Ketiga perangkat ini akan mengusung beberapa teknologi baru, seperti prosesor A12 dan kemampuan yang diperbarui lainnya

Apple kenalkan 3 iPhone baru

Seperti tahun-tahun sebelumnya, bulan September merupakan bulan yang istimewa bagi para penggemar Apple. Setiap tahunnya, Apple meluncurkan beberapa gadget terbarunya untuk menyegarkan lini produk-produk mereka.

Kali ini, Apple memilih untuk menyelenggarakan Apple Special Event pada 12 September, yang bertempat di Steve Jobs Theater. Salah satu yang diperkenalkan adalah jajaran iPhone. Bukan hanya satu, melainkan perusahaan teknologi asal Amerika tersebut meluncurkan tiga perangkat sekaligus.

Yang pertama adalah iPhone XS yang merupakan penyegaran dari iPhone X yang meluncur tahun lalu. Perubahan yang terjadi pada perangkat ini adalah penyegaran di lini prosesor yang menggunakan prosesor A12 Bionic, yang digadang-gadang menjadi prosesor 7nm pertama di dunia.

Prosesor ini digadang-gadang memiliki kecepatan CPU 15 persen lebih cepat dan 40 persen lebih hemat daya. Di sisi lain, GPU dari prosesor ini juga akan menghadirkan peningkatan performa sebesar 50 persen.

Tak ketinggalan, mereka juga menyematkan chip Neural Engine dengan 8 inti di dalamnya. Jika A11 Bionic hanya dapat menjalankan 600 miliar proses per detik, A12 Bionic dapat menjalankan hingga 5 triliun proses per detik.

Untuk ukuran layar, perangkat ini tidak mengalami perubahan yang signifikan. Selain itu, notch juga masih terlihat pada layar depan dari perangkat ini. Yang berbeda, di perangkat ini mereka menggunakan panel OLED dengan resolusi 2436x1125 pixel dengan bentang layar 5,8 inci yang mereka namakan Super Retina display.

Selain iPhone XS, Apple juga meluncurkan varian yang lebih besar yang bernama iPhone XS Max. Dengan tipe layar yang sama, perbedaan yang terlihat adalah di bagian besar layar. Perangkat ini memiliki bentang layar 6,5 inci. Begitu juga dengan kapasitas baterai yang lebih besar, dengan masa pakai satu setengah jam lebih panjang per hari dibandingkan dengan iPhone X.

Apple juga menjelaskan bahwa untuk kedua perangkat tersebut, mereka juga akan menyematkan penyimpanan internal hingga 512GB. Hal ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Di sisi kamera, Apple menyematkan kamera ganda dengan resolusi 12MP. Satu kamera menggunakan lensa wide-angle yang memiliki Optical Image Stabilization, Focus Pixel, menggunakan sensor 1,4 mikron, serta memiliki aperture f/1,8.

Satu kamera lagi adalah kamera telefoto yang memiliki kemampuan 2x optical zoom. Selain itu, kamera ini juga memiliki Optical Image Stabilization serta aperture f/2,4. Apa lagi, mereka kini juga menggunakan teknologi HDR Photo.

Sedangkan untuk kamera depan, mereka tetap menggunakan kamera 7MP dengan aperture f/2,2. Apple menjanjikan hasil foto bokeh dari kamera ini akan semakin baik.

Tak ketinggalan, mereka juga memperkenalkan teknologi Dual SIM Dual Standby (DSDS) di perangkat iPhone Xs Max. Pada akhirnya, mereka menyematkan kemampuan penggunaan dua kartu SIM dalam satu perangkat. Sayangnya, mereka akan menggunakan satu kartu SIM fisik, dan satu lagi akan menggunakan eSIM. Tapi, khusus di China, iPhone Xs Max akan menggunakan dua Micro SIM.

Terakhir, mereka juga memperkenalkan iPhone XR, yang merupakan versi ‘hemat’ yang diluncurkan Apple tahun ini. Seperti rumor yang beredar, perangkat ini menggunakan panel LCD, tidak menggunakan OLED seperti dua kakaknya yang lebih mahal. Namun, mereka tetap dapat menghadirkan layar yang sama dengan iPhone X.

Khusus untuk layar ini, mereka menyebut layar ini sebagai Liquid Retina. Memiliki layar 6,1 inci, iPhone menyematkan resolusi 1792x828 pixel, dengan 326 PPI. Sayangnya, dengan layar LCD ini, mereka menghilangkan fitur 3D Touch. Sebagai gantinya, mereka menggunakan haptic touch untuk meluncurkan kamera.

Di sisi prosesor dan kamera, iPhone XR juga akan memiliki kemampuan yang sama. Di bagian prosesor, perangkat murah ini juga akan menggunakan A12 Bionic.

Lalu di kamera, di bagian belakang mereka hanya menyematkan satu kamera 12MP wide angle dengan teknologi Optical Image Stabilization, Focus Pixel, menggunakan sensor 1,4 mikron, serta memiliki aperture f/1,8. Sedangkan kamera depan, mereka juga menggunakan sensor 7MP dengan aperture f/2,2.

Tak ketinggalan, mereka juga tetap menyematkan kemampuan Face ID di perangkat ini. Tentu saja, hal ini akan menjadi nilai lebih dari perangkat ini.

Oh iya satu lagi, ketiga perangkat ini akan menggunakan iOS 12 yang akan diluncurkan pada 17 september mendatang.

iPhone XS akan hadir dengan tiga konfigurasi, yakni dengan memori internal 64GB, 128GB, dan 256GB dan dihargai mulai dari USD999 atau sekitar Rp14,8 juta. Sedangkan iPhone XS Max memiliki kapasitas memori 64GB, 128GB, 256GB, dan 512GB, yang akan dihargai mulai dari USD1099 atau sekitar Rp16,2 juta. 

Terakhir, iPhone XR akan memiliki penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB akan dihargai mulai dari USD749 atau sekitar Rp11 juta.

Apple juga sudah membuka masa pre-order iPhone XS dan iPhone XS Max 19 September, dan akan dikirimkan pada 21 September. Sedangkan untuk iPhone XR akan mulai bisa dipesan mulai 19 Oktober dan dikirimkan mulai 26 Oktober.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: