Apple ingin semua iPhone 2020 mereka menggunakan layar 120Hz

Apple dikabarkan tengah melakukan diskusi dengan Samsung dan LG untuk memproduksi layar 120Hz untuk perangkat iPhone 2020 mereka.

Apple ingin semua iPhone 2020 mereka menggunakan layar 120Hz iPhone X (Pixabay)

Smartphone dengan layar 120Hz saat ini sedang populer di kalangan para penggemar teknologi. Namun, mereka biasanya hanya bisa mendapatkan teknologi tersebut di sebuah smartphone gaming saja.

Namun, seorang pengamat teknologi dan seorang pembocor informasi ulung, Ice Universe mengatakan pada 2020, teknologi ini tidak akan lagi asing di telinga. Setidaknya, hal ini akan terjadi pada perangkat iPhone.


BACA JUGA

Hari pertama penjualan Galaxy Note 10, Samsung gelar program tukar tambah

iPhone 7 dan Galaxy S8 punya radiasi melebihi ambang batas atas FCC

Survei menyebutkan hanya sedikit yang menganggap jack headphone penting


Wccftech (22/7/2019) melaporkan, Apple saat ini sedang dalam pembicaraan dengan pemasok OLED-nya Samsung dan LG untuk memproduksi layar 120Hz. Mereka juga sudah menentukan nama untuk teknologi layar tersebut, yang bernama ProMotion Display.

Informasi ini sangat cocok dengan bocoran perangkat iPhone 2020 sebelumnya, yang menyebut akan memiliki teknologi layar baru. 

Yang unik, teknologi ProMotion ini dapat diatur secara manual, dan juga akan dapat berubah secara otomatis Secara default, perangkat iPhone akan menurunkan refresh rate layar ke 24Hz saat menampilkan gambar statis, dan akan meningkat ke 48Hz saat memutar video.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Apple menyematkan layar dengan refresh rate 120Hz di perangkat mobile mereka. Sebelumnya, beberapa tablet premium mereka seperti iPad Pro 2017 dan 2018, yang memiliki layar 12,9 inci dan 10,5 inci sudah memiliki teknologi serupa.

Tapi, tantangan terbesar bagi Apple adalah untuk menyematkan baterai dengan kapasitas besar di dalam perangkat mereka. Menggunakan layar 120Hz akan menguras banyak daya. Bahkan ROG Phone 2 yang memiliki layar 120Hz menyematkan baterai sebesar 6.000mAh dalam perangkat mereka.

iPhone 2020 juga diharapkan hadir dengan teknologi jaringan 5G dan kemungkinan besar mereka juga akan mendapatkan fitur pengisian daya nirkabel terbalik. Selain itu, juga diyakini bahwa satu iPhone generasi berikutnya akan mendapatkan dukungan Touch ID dalam layar.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: