sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Selasa, 14 Mei 2024 17:06 WIB

Apple dan Google umumkan standar peringatan pelacak Bluetooth

Standar ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan perangkat pelacak seperti AirTag dan produk serupa dari perusahaan lain.

Apple dan Google umumkan standar peringatan pelacak Bluetooth

Apple dan Google mengumumkan kolaborasi dalam pengembangan standar baru untuk peringatan pelacak Bluetooth guna meningkatkan keamanan dan privasi pengguna. Standar ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan perangkat pelacak seperti AirTag dan produk serupa dari perusahaan lain.

Dikutip dari The Verge (14/5), dalam pernyataan bersama, Apple dan Google menyatakan bahwa standar baru ini akan berlaku untuk perangkat iOS dan Android. Langkah ini merupakan upaya untuk menangani masalah yang meningkat terkait penggunaan pelacak Bluetooth untuk mengintai atau memantau orang tanpa izin mereka. Standar baru ini akan memberikan peringatan kepada pengguna jika ada pelacak yang tidak dikenal bergerak bersama mereka.

Standar baru ini mencakup beberapa fitur penting, termasuk peringatan dini jika ada pelacak yang tidak dikenal bergerak bersama pengguna. Selain itu, pengguna akan dapat menemukan dan menonaktifkan pelacak tersebut. Ini adalah bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna, mengurangi risiko pelacakan yang tidak sah.

Sejumlah perusahaan teknologi lain juga menyatakan dukungan terhadap standar ini, termasuk Samsung, Tile, Chipolo, eufy Security, dan Pebblebee. Dukungan luas ini menunjukkan komitmen industri untuk mengatasi masalah keamanan dan privasi yang terkait dengan pelacak Bluetooth.

Standar baru ini diharapkan akan mulai diterapkan pada akhir tahun 2024. Apple dan Google berencana untuk merilis pembaruan perangkat lunak yang memungkinkan fitur-fitur ini, menjadikan teknologi pelacak Bluetooth lebih aman bagi semua pengguna.

Pakar keamanan siber menyambut baik langkah ini, menyebutnya sebagai langkah maju yang signifikan dalam melindungi privasi pengguna. Mereka juga menekankan pentingnya penerapan yang efektif dan edukasi pengguna untuk memastikan fitur ini digunakan dengan benar.

Kolaborasi antara Apple dan Google dalam mengembangkan standar peringatan pelacak Bluetooth menunjukkan komitmen kuat untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna. Dengan dukungan dari berbagai perusahaan teknologi, standar baru ini diharapkan dapat mengurangi risiko penyalahgunaan pelacak dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pengguna di seluruh dunia.

Share
×
tekid
back to top