sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 12 Mei 2022 12:46 WIB

Apple akan gunakan USB tipe-C, dimulai dari iPhone 15

Analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan iPhone baru akan membuang port Lightning demi port USB-C untuk meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone

Apple akan gunakan USB tipe-C, dimulai dari iPhone 15
Source: TechRadar

iPhone 15 dilaporkan akan hadir dengan port USB tipe-C menurut analis Apple Ming-Chi Kuo. Ini akan menggantikan Lightning port ikonik yang sudah bertahun-tahun digunakan iPhone untuk mengisi ulang daya dan mentransfer dokumen. 

Menurut laporan Gizmochina (12/5), klaim Kuo didasarkan pada survei terbarunya dengan pemasok. Kuo mengatakan iPhone baru akan membuang port Lightning demi port USB-C untuk meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone. Namun, detail spesifikasi akhir akan bergantung pada dukungan iOS.  

Analis menyatakan pemasok Apple untuk USB tipe-C diharapkan menjadi fokus pasar dalam dua-tiga tahun ke depan karena pesanan besar iPhone dan adopsi aksesori dari port USB-C. 

Selain itu, ini juga sejalan dengan undang-undang baru EU yang mengharuskan pembuat ponsel cerdas untuk menghapus semua port pengisian daya eksklusif dan beralih ke USB tipe-C yang dianggap sebagai standar untuk pengisian daya dan transfer data.

Seperti diketahui, saat ini iPhone hadir dengan port Lightning.  Merek tersebut mengadopsi port USB-C untuk Mac pada 2015 dan iPad beralih dari Lightning ke USB-C pada 2018. iPhone 15 dengan USB-C kemungkinan akan debut pada paruh kedua 2023.  Meski demikian, masih terlalu dini untuk membicarakan iPhone 15. Sebab, Apple masih harus bersiap untuk peluncuran iPhone 14 yang lebih dulu dalam antrian.

Share
×
tekid
back to top