AirDots, earbud bluetooth Xiaomi yang mirip AirPods

Xiaomi kembali menyalin produk Apple. Bukan lagi smartphone, perusahaan asal China itu merilis earbud nirkabel yang sekilas benar-benar mirip dengan AirPods.

AirDots, earbud bluetooth Xiaomi yang mirip AirPods (Foto: Xiaomi)

Xiaomi kembali menyalin produk Apple. Bukan lagi smartphone, perusahaan asal China itu merilis earbud nirkabel yang sekilas benar-benar mirip dengan AirPods milik Apple. Tak hanya konsepnya yang mirip, Xiaomi juga menggunakan nama yang hampir serupa yaitu AirDots. Sekilas terdengar seperti AirPods bukan?

Satu hal yang bisa dipastikan berbeda yaitu banderol harga yang akan lebih rendah ketimbang Apple. Alih-alih menggunakan desain yang sama dengan Apple sebagaimana FreeBuds milik Huawei, AirDots desainnya lebih mirip dengan earbud Bluetooth konvensional. Pasalnya AirDots terlihat lebih kecil tanpa komponen penyangga earbuds.


BACA JUGA

Xiaomi minta maaf atas kesalahpahaman Flash Sale

Pocophone F1 dirilis di markas Samsung

Dianggap tak sesuai, Xiaomi dicibir warganet


Secara fungsional, suara AirDots terbilang cukup mendasar. Earbuds ini menggunakan Bluetooth 5.0 untuk streaming audio yang dinilai hemat baterai. Selain itu, perangkat ini dilengkapi driver dinamis 7,2mm guna mengakomodir output audio yang layak.

Dilansir Slashgear (7/11), AirDots mampu bertahan selama empat jam dengan penggunaan secara terus-menerus. Namun jika Anda membawa charging case-nya, AirDots diklaim mampu bertahan hingga 12 jam. 

AirDots memiliki permukaan yang sensitif terhadap sentuhan guna memungkinkan pengguna menjawab panggilan dan mengontrol musik. Bahkan, perangkat ini juga bisa memicu asisten cerdas yang kemungkinan didukung oleh Xiaomi sendiri, tanpa melibatkan pihak ketiga.

Harga hampir selalu menjadi hal menarik dari jajaran perangkat Xiaomi. AirDots sendiri dibanderol seharga sekitar USD29 (Rp420.000) di China. Sayangnya belum diketahui apakah perangkat ini juga akan tersedia diluar China.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: