5 fitur unik Samsung Galaxy Note 9

Samsung telah meresmikan smartphone andalan terbarunya Galaxy Note 9 di New York dengan serangkaian fitur unik

5 fitur unik Samsung Galaxy Note 9 (Foto: Cnet)

Samsung telah meresmikan smartphone andalan terbarunya Galaxy Note 9 di New York. Smartphone ini tampil gagah dengan layar Super Amoled 6,4 inci. Jeroannya pun ditopang chipset terbaru, Snapdragon 845. Tak ketinggalan fitur kamera yang didukung kecerdasan buatan guna mempercantik hasil jepretan.

Terlepas dari fitur-fitur wajibnya, Galaxy Note 9 juga memiliki beberapa fitur yang unik. Fitur ini juga menjadi pembeda Note 9 dengan smartphone flagship lainnya. Lantas apa saja fitur unik Galaxy Note 9? Berikut Tek.id rangkum ulasannya.

S Pen bertenaga Bluetooth

Sudah menjadi ciri khas Samsung seri Note yang dibekali dengan stylus. Note 9 tak ketinggalan dilengkapi dengan S Pen berwarna kuning. Yang menjadi hal menarik adalah dukungan koneksi nirkabel Bluetooth Low Energy (BLE). Perangkat ini masih akan bekerja bahkan dengan jarak hingga 30 kaki.

Pengguna bisa memanfaatkannya sebagai perangkat pelengkap presentasi, menjadi remote YouTube atau streaming musik, remote shutter atau lainnya. 

S Pen pada Note 9 tidak dilengkapi baterai fisik. Sebagai gantinya, Samsung menggunakan superkapasitor, sebuah elemen yang berbeda dengan baterai isi ulang biasa. Elemen ini juga memungkinkan S Pen tidak cepat rusak dan dapat bertahan lebih dari satu dekade. 

Selain itu, superkapasitor juga bisa diisi ulang jauh lebih cepat ketimbang baterai biasa. Pengguna juga bisa menuliskan memo off-screen yang mencocokkan warna S Pen. Namun pengguna bisa mengubah warna lain dengan mudah. 

Penyimpanan 512GB

Note 9 memang bukan smartphone pertama yang memiliki penyimpanan internal yang besar. Huawei Mate RS juga memiliki penyimpanan yang sama, bahkan jauh lebih dulu ketimbang Note 9. Namun harga smartphone Huawei itu lebih mahal dibanding flagship Samsung saat ini.

Galaxy Note 9 juga mendukung penyimpanan yang bisa diperluas menggunakan microSD. Jika pengguna menambahkan memori eksternal hingga 512GB, maka jumlah memorinya mencapai lebih dari 1TB.

DeX tanpa dock

DeX memungkinkan pengguna dengan mudah menghubungkan smartphone ke monitor eksternal. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan pengalaman melihat tampilan seperti komputer desktop. Sebelumnya DeX membutuhkan penopang untuk memasang smartphone Galaxy dan membawanya kemanapun ketika dibutuhkan.

Kini dengan Note 9 menjadi jauh lebih sederhana. Pengguna akan memiliki dongle kecil yang terhubung ke HDMI dan dapat memasuki mode DeX dengan mudah tanpa stand. Konsep ini pun bukan kali pertama disuguhkan oleh Samsung. Huawei sebelumnya telah memeperkenalkan solusi yang sederhana, namun Samsung menawarkan pengalaman desktop dengan cara yang lebih mudah.

Lens Smudge

Fitur unik lainnya pada Galaxy Note 9 yaitu "Lens Smudge" yang mamu mendeteksi secara cerdas ketika lensa kamera belakang smartphone kotor. Fitur ini akan membantu pengguna memberitahu hal tersebut. 

Lensa yang kotor memang akan mengganggu hasil gambar yang dibidik. Bahkan terkadang pengguna tak menyadari lensa kameranya kotor sehingga gambarnya kurang maksimal. Hadirnya Lens Smudge akan membantu memberikan notifikasi dan mengingatkan pembersihan, sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih baik.

Sistem pendingin water-carbon

Note 9 memiliki sistem pendingin water-carbon yang berdifusi panas guna pendinginan yang efisien ketika smartphone digunakan untuk tugas yang berat seperti bermain video gim. Smart Performance Adjuster yang melengkapi Note 9 kemudian akan secara otomatis menyesuaikan kinerja permainan untuk pengalaman yang mulus.

Memang masih diperlukan pembongkaran memang akah Galaxy Note 9 benar-benar menggunakan cairan dan bagaimana mekanismenya cairan itu bisa bertahan dan tak menguap. Jika benar-benar Note 9 dibekali cairan dalam komponennya, ini merupakan konsep yang luar biasa.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: