sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
Selasa, 07 Apr 2020 09:01 WIB

5 fitur kamera Galaxy S20 Plus, cocok buat bikin konten kekinian

Konfigurasi kamera Samsung Galaxy S20 Plus didukung dengan kecerdasan buatan atau AI dan serangkaian fitur lainnya. Berikut Tek.id rangkum fitur kamera Samsung Galaxy S20 Plus yang cocok untuk membuat konten kekinian.

5 fitur kamera Galaxy S20 Plus, cocok buat bikin konten kekinian
(Foto: Tek.id)

Sudah menjadi pengetahuan umum jika Samsung Galaxy S series selalu memiliki peningkatan spesifikasi kamera di setiap tahunnya. Misalnya pada Galaxy S20 series - yang menjadi seri terbaru saat ini - yang memiliki peningkatan spesifikasi kamera dibanding pendahulunya. Secara total, jumlah kamera utama yang melengkapi Galaxy S20 series adalah 3 hingga 4 sensor. Jumlah ini meningkat dibanding pendahulunya, dimana paling banyak hanya 3 sensor.

Bukan hanya dari sisi jumlah sensor, resolusi kameranya pun ditingkatkan. Di Galaxy S20 Plus, resolusi kameranya terdiri dari ultra wide 12 megapiksel, wide-angle 12 megapiksel, dan telefoto 64 megapiksel. Satu lagi sensor tambahan yakni sensor ToF (Time-of-Flight) untuk mengakomodir efek bokeh.

Konfigurasi kamera tersebut didukung dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan serangkaian fitur lainnya agar mampu menghasilkan gambar dan video yang ciamik. Berikut Tek.id rangkum fitur kamera Samsung Galaxy S20 Plus yang cocok untuk membuat konten kekinian.

Single Take

Fitur ini merupakan inovasi baru Samsung pada Galaxy S20 series. Sejauh ini fitur Single Take baru tersedia pada jajaran flagship tersebut. Untuk diketahui, Single Take adalah fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan berbagai foto dan video sekaligus hanya dengan mengetuk satu tombol. Samsung menyebut fitur itu bisa menampilkan hingga 10 hasil jepretan foto dan 4 video.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan foto dalam berbagai filter yang berbeda dan video dalam beberapa mode. Tek.id sudah mencoba fitur ini pada Galaxy S20 Plus. Fitur itu menampilkan foto dalam beberapa filter, beberapa angle jika objek berubah, dan beberapa mode video seperti time lapse serta boomerang. Jumlah yang dihasilkan akan bergantung pada objek yang dibidik. Jika objek yang dibidik lebih statis atau tidak banyak bergerak, maka jumlah konten yang dihasilkan pun kemungkinan tidak mencapai jumlah maksimal.

Fitur Single Take di Samsung Galaxy S20 Plus dan S20 series lainnya akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan berbagai foto dan video sekaligus dengan varian yang beragam. Tekan satu tombol, dan biarkan AI merangkum momen untuk Anda. 

Fitur Single Take Samsung Galaxy S20 Plus

 

Live Focus

Fitur ini mungkin tak asing lagi bagi Anda pengguna smartphone Samsung Galaxy. Namun tentu saja Samsung memberikan peningkatan yang cukup signifikan pada fitur pendukung fotografi ini, khususnya untuk smartphone terbarunya. Di Galaxy S20 Plus dan S20 lainnya, efek blurnya menjadi lebih smooth bak jepretan kamera DSLR. Anda dapat mengatur tingkat blur yang diinginkan atau menggantinya dengan efek lain melalui opsi pada live focus lainnya. Misalnya opsi untuk Spin, Zoom dan Color point di mana ketiganya dapat mengubah efek background gambar menjadi lebih menarik.

Yang tak kalah menarik adalah fitur Live Focus yang bisa digunakan untuk perekaman video. Setelah Tek.id mencoba fitur ini di Galaxy S20 Plus, hasilnya tampak bagus, utamanya ketika merekam wajah dimana mode ini akan langsung aktif dengan efek blurnya. Serupa dengan Live Focus untuk foto, Anda dapat memilih empat pilihan efek yakni blur, big circle, color point dan glitch. Semua efek ini bisa diatur levelnya melalui slider di bagian bawah menu Live Focus. 

Fitur Live Focus Samsung Galaxy S20 Plus

 

Night Mode

Peningkatan lainnya dilakukan Samsung untuk fitur Night Mode di Galaxy S20 series. Seperti diketahui, fitur ini akan membantu pengguna untuk mendapatkan gambar malam dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Meski cahaya malam minim, namun AI akan membantu mengolah gambar sehingga hasilnya tampak menawan. 

Fitur Night Mode pada Galaxy S20 Plus akan muncul dengan sendirinya ketika Anda mencoba memotret objek di malam hari. Namun fitur itu muncul sebagai rekomendasi saja, tanpa mengubah pengaturan kamera yang sedang Anda gunakan saat itu. Jika Anda menghendaki untuk menggunakannya, klik ikon Night Mode yang akan muncul secara otomatis. Anda juga dapat membuka menu More pada kamera S20 Plus untuk mengaktifkan Night Mode secara manual.

Dengan penggunaan yang benar, Anda akan mendapatkan hasil foto yang maksimal. AI pada Galaxy A20 Plus membantu meningkatkan pencahayaan dan menangkap objek dengan optimal.

 

Super steady

Selain fitur pendukung fotografi, Samsung Galaxy S20 Plus juga hadir dengan fitur pendukung videografi agar konten kamu tampil kece. Fitur Super steady juga sudah hadir pada jajaran seri S sebelumnya. Namun di Galaxy S20 series Samsung melengkapinya dengan Super steady 2.0. Secara umum fitur Super Steady merupakan fitur yang memungkinkan pengguna merekam video dengan sangat stabil bak memakai gimbal.

Fitur ini akan mempermudah pengguna untuk merekam video dengan stabil, bahkan bagi mereka yang tidak profesional dalam perekaman video. Super steady 2.0 pada Galaxy S20 series sendiri akan menghasilkan video yang lebih stabil berkat teknologi Advanced Rolling Correction hingga 60 derajat. Dukungan teknologi AI Motion Analysis and Prediction juga membantu Anda merekam video dengan hasil seperti videografer profesional.

Fitur Super Steady Samsung Galaxy S20 Plus

 

Pro video

Fitur Pro dalam kamera smartphone hampir selalu tersedia. Namun fitur tersebut hanya mendukung aktivitas fotografi. Samsung melakukan peningkatan dengan menghadirkan fitur Pro untuk video di Galaxy S20 series. Serupa dengan fitur Pro untuk fotografi, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur settingan kamera secara manual demi mendapatkan rekaman yang optimal. Dengan demikian, pengguna profesional bisa mengatur settingan kamera Galaxy S20 Plus sesuai dengan kondisi objek yang akan direkam.

Dalam fitur ini, Anda bisa mengatur white balance, Auto Focus atau Manual Focus, aperture, exposure hingga ISO-nya. 

Fitur Pro Video Samsung Galaxy S20 Plus

Editor
Share
×
tekid
back to top