4 Juta perangkat Apple pakai OS versi beta

Dalam laporan pendapatan Apple, CEO Tim Cook mengatakan lebih dari empat juta pengguna kini menjalankan versi beta

4 Juta perangkat Apple pakai OS versi beta

Sudah menjadi hal biasa ketika perusahaan teknologi penyedia sistem operasi perangkat, merilis versi beta sebagai tahap pengujian lebih lanjut. Melalui program beta Apple sendiri, siapapun bisa mencoba menginstal iOS, macOS, watchOS atau tvOS sebelum akhirnya dirilis dalam versi yang sempurna.

Dalam laporan pendapatan Apple, CEO Tim Cook mengatakan lebih dari empat juta pengguna kini menjalankan versi beta. Sayangnya Cook tak memberikan data rinci seperti persentase pengguna yang memakai versi beta, sehingga tak diketahui besaran pengguna biasa maupun developer.

Cook juga tidak merinci platform mana yang paling banyak dipasang. Namun TechCrunch meyakini iOS dan macOS versi beta lebih banyak digunakan pengguna ketimbang OS Apple lainnya. 

Untuk diketahui, mulai Februari 2018 Apple memiliki 1,3 miliar perangkat aktif mencakup Apple TV, iPhone, iPod Touch, iPad dan Mac. Alhasil jika setiap pengguna yang disebut Cook menjalankan OS versi beta pada satu perangkat, maka dapat disimpulkan jumlah itu mewakili sekitar 0,3 persen dari total perangkat aktif.

Jumlah ini memang tak begitu besar. Namun demikian, mendorong empat juta orang untuk rela menguji software buatan perusahaan yang bahkan belum sempurna pada perangkat miliknya, bukanlah hal yang mudah. Hal ini bahkan dinilai sebagai kekuatan yang langka yang dimiliki perusahaan teknologi.

OS beta Apple sendiri diketahui memiliki beberapa bug yang dinilai mengganggu kinerja perangkat. Bug ditemukan di iOS bahkan di macOS pada akhir tahun lalu yang menjadi masalah yang mengancam keamanan perangkat. Namun dengan program beta yang dirilis beberapa kali, membuat Apple memiliki kesempatan besar memperbaikinya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: