sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 28 Feb 2023 09:59 WIB

Waymo uji coba taksi driverless di Los Angeles

Waymo tidak memberikan tanggal spesifik kapan pengujian akan dimulai, tetapi menginformasikan bahwa mobil Jaguar I-Pace generasi ke-5 akan memulai pengujian khusus.

Waymo uji coba taksi driverless di Los Angeles
Source: REUTERS/Nathan Frandino via Engadget

Akhir tahun lalu, Waymo mendapatkan izin Driverless Pilot dari negara bagian California, membawa sister company dari Google itu selangkah lebih dekat untuk meluncurkan layanan taksi otonomnya di negara bagian tersebut. Kini, Waymo telah memperluas area layanannya, mengumumkan rencana untuk mulai menguji mobil tanpa pengemudi (driverless) di Los Angeles.

Dilansir dari Engadget (28/2), pengujian ini akan menandai pertama kalinya mobil yang sepenuhnya otonom akan berkeliaran di jalan-jalan LA, dan berkat pengujian yang sukses di San Francisco, maka ini dapat meluncurkan sistem kemudi otonom di kota-kota baru dengan “sedikit pekerjaan teknik”.

Namun, itu tidak berarti Waymo siap meluncurkan layanan taksi Waymo One di California. Pengujian di LA kemungkinan akan mengikuti jalur yang sama dengan armada Waymo di San Francisco: sejumlah kendaraan hanya tersedia untuk pengendara dalam program Waymo Research Trusted Tester Program. Waymo tidak memiliki perincian untuk dibagikan mengenai kapan layanan taksi driverless akan tersedia untuk pelanggan di Los Angeles, tetapi mungkin bergantung pada Komisi Utilitas Publik California (CPUC) yang mengeluarkan izin Driverless Deployment kepada perusahaan.

Hingga rintangan hukum terakhir dapat diselesaikan, layanan taksi berbayar Waymo akan tetap eksklusif untuk Phoenix Arizona. Sejauh ini, layanan robotaxi Cruise GM adalah satu-satunya perusahaan yang diizinkan mengenakan biaya untuk perjalanan driverless di negara bagian tersebut, asalkan perjalanan dilakukan pada siang hari.

Waymo tidak memberikan tanggal spesifik kapan pengujian akan dimulai, tetapi menginformasikan bahwa mobil Jaguar I-Pace generasi ke-5 akan memulai pengujian khusus di Santa Monica, dan hanya di luar jam sibuk. Kemudian, program tersebut akan berkembang sesuai dengan kerangka keselamatan Waymo sebelum akhirnya diluncurkan ke konsumen.

Perusahaan tersebut juga berjanji akan terus memperbarui perangkat lunak self-driving mereka untuk menghindari kemacetan lalu lintas, seperti yang dilakukan oleh salah satu kendaraan Waymo yang berhenti baru-baru ini di San Francisco.

Share
×
tekid
back to top