sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Selasa, 18 Jul 2023 15:56 WIB

Toyota ganti layar tradisional dalam mobil dengan kacamata AR

Toyota berencana memasukkan fitur penyesuaian cahaya otomatis, termasuk penyesuaian kromatisitas pada kacamata AR untuk menghindari masalah visibilitas pada layar konvesional.

Toyota ganti layar tradisional dalam mobil dengan kacamata AR

Toyota baru-baru ini mengajukan paten untuk konsep terobosan terbarunya, mengganti layar tradisional dalam mobil dengan kacamata augmented reality (AR). 

Pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan meningkatkan keselamatan pengendara di jalan. 

Layar konvensional memiliki masalah visibilitas yang biasanya disebabkan oleh sinar matahari yang cerah di siang hari dan cahaya lampu yang menyilaukan di malam hari. Ini dapat menghalangi kemampuan pengemudi untuk melihat informasi di layar dengan jelas. 

Untuk mengatasi hal ini, Toyota berencana memasukkan fitur penyesuaian cahaya otomatis, termasuk penyesuaian kromatisitas pada kacamata AR ini. Jika berhasil, teknologi ini bahkan bisa menggantikan pelindung matahari. 

Selain itu, kacamata AR juga akan dilengkapi dengan kamera, speaker, headphone, dan mikrofon untuk meningkatkan fungsionalitas. Kamera internal akan melacak pergerakan mata dan memantau kondisi jalan, bekerja bersama dengan modul dan sensor GPS. 

Dikutip dari Gizmochina (18/7), integrasi ini memungkinkan kacamata menampilkan informasi penting, seperti marka jalan, batas kecepatan, dan peringatan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda. 

Selain itu, meski pengemudi sejenak memalingkan muka, kacamata akan terus memberikan peringatan dan mencegah potensi tabrakan, memastikan tingkat keamanan yang tinggi. 

Inovasi Toyota menggunakan kacamata AR pada kendaraannya merupakan solusi praktis dan menjanjikan untuk tantangan yang dihadapi oleh layar dalam mobil tradisional. 

Dengan memanfaatkan teknologi canggih, seperti augmented reality dan sensor terintegrasi, kacamata ini menawarkan pengalaman berkendara yang lebih imersif dan informatif. 

Potensi kacamata AR melampaui industri otomotif. Teknologi serupa dapat digunakan di sektor lain di mana visibilitas dan keamanan sangat penting. 

Misalnya, dalam industri penerbangan, pilot dapat menggunakan kacamata AR untuk meningkatkan pandangan mereka terhadap kokpit dan menerima pembaruan waktu nyata tentang kondisi penerbangan. 

Di industri konstruksi, pekerja dapat menggunakan kacamata AR untuk menerima peringatan keselamatan dan melihat informasi struktural secara real-time.

Share
×
tekid
back to top